The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Vaksin AstraZeneca Diklaim Jadi Penyebab Cacar Monyet, Benarkah?
Ilustrasi cacar monyet. (REUTERS/Dado Ruvic)
Health

Vaksin AstraZeneca Diklaim Jadi Penyebab Cacar Monyet, Benarkah?

Ini faktanya.

Kamis, 23 Juni 2022 09:55 WIB 23 Juni 2022, 09:55 WIB

INDOZONE.ID - Di media sosial Twitter tersebar berita yang mengatakan bahwa vaksin AstraZeneca disebut jadi pemicu munculnya cacar monyet.

Dilansir Antara, klaim tersebut dikaitkan dengan kandungan vektor adenovirus simpanse yang dilemahkan dalam vaksin AstraZeneca.

Dalam unggahan di akun Twitter bernama @irishcatholic16 pada 19 Juni 2022, mengatakan bahwa cacar monyet dibuat dari vaksin AstraZeneca karena mengandung virus simpanse.

"Cacar monyet dibuat dari vaksin AstraZeneca karena vaksin tersebut mengandung virus simpanse," bunyi narasi dari postingan tersebut yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Tapi apakah benar jika vaksin AstraZeneca menjadi pemicu wabah cacar monyet yang telah menyebar secara global?

Baca juga: Kasus Cacar Monyet di Inggris Mengamuk, 793 Infeksi Dilaporkan

Menurut penjelasan seorang ahli epidemiologi Universitas Katolik Korea Profesor Yoo Jin-hong mengatakan bahwa adenovirus simpanse yang digunakan dalam vaksin AstraZeneca telah dimodifikasi untuk mencegah bereplikasi, sehingga tidak berbahaya dan menyebabkan penyakit kepada manusia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyatakan virus cacar monyet termasuk dalam kelompok yang disebut 'Orthopoxvirus' atau virus penyebab cacar dan cacar sapi.

Ahli penyakit menular di Gachon University Gil Medical Center Profesor Eom Jung-shik juga menegaskan vaksin tidak dapat menghasilkan virus baru di dalam tubuh manusia dan menyebabkan sesuatu seperti cacar monyet.

Dengan sejumlah bantahan tersebut, itu artinya klaim yang mengatakan vaksin AstraZeneca menyebabkan cacar monyet adalah informasi yang menyesatkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US