The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebelum Memulai Latihan Penting untuk Melakukan Pemanasan dan Pendinginan Demi Keselamatan
Ilustrasi berolahraga (Pexels/Li Sun)
Health

Sebelum Memulai Latihan Penting untuk Melakukan Pemanasan dan Pendinginan Demi Keselamatan

Kamis, 19 November 2020 11:33 WIB 19 November 2020, 11:33 WIB

INDOZONE.ID - Apa pun tujuan dilakukannya latihan fisik atau olahraga, ada dua hal yang paling penting yakni pemanasan sebelum mulai dan pendinginan setelah selesai.

Meskipun bagian utama dari latihan adalah hal yang sangat penting dalam membakar kalori dan membuat tetap bugar.

Peregangan atau gerakan ringan sebelum dan sesudah latihan sangatlah penting. Pemanasan dan pendinginan adalah latihan intensitas rendah yang dilakukan dengan kecepatan lebih lambat.

Dilansir dari News 18, menurut American Heart Association (AHA), pemanasan yang baik sebelum berolahraga akan melebarkan pembuluh darah dan dapat memastikan otot mendapatkan suplai darah yang baik saat memulai latihan intensitas tinggi. Selain itu juga meningkatkan detak jantung secara perlahan .

Pemanasan juga meningkatkan suhu otot, membuatnya lebih fleksibel dan efisien. Peneliti yang berbasis di Harvard Medical School merekomendasikan bahwa pemanasan harus berlangsung selama lima hingga 10 menit, dan harus melibatkan semua kelompok otot.

Pemanasan dan pendinganan tidak boleh dilewatkan, karena saat latihan langsung dimulai dengan latihan intens bisa menyebabkan rasa sakit, cedera dan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, Harvard Medical School juga merekomendasikan periode pendinginan selama lima hingga sepuluh menit setelah setiap latihan. Pendinginan yang efektif mencakup latihan peregangan yang membantu mengendurkan dan memperpanjang otot, yang pada gilirannya meningkatkan jangkauan motio.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US