Supaya Terhindar dari Kuman, Ini Tips Menyimpan Sikat Gigi dengan Benar
Sikat gigi (Pexels/Cottonbro)
Health

Supaya Terhindar dari Kuman, Ini Tips Menyimpan Sikat Gigi dengan Benar

Minggu, 17 Mei 2020 16:37 WIB 17 Mei 2020, 16:37 WIB

INDOZONE.ID - Sikat gigi berfungsi untuk membersihkan gigi dan mulut, saat menggunakannya sikat gigi harus dalam keadaan bersih. Itulah kenapa penting untuk menjaga kebersihan sikat gigi.

"Perhatikan kebersihan sikat gigi, tutup sikat. Perhatikan bulu sikat, pilih bulu sikat yang halus," kata dokter gigi Anggi Pratiwi dalam diskusi "Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi", via daring, seperti dilansir dari ANTARA.

Untuk menjaga sikat gigi terhindar dari kuman dan bakteri, Anggi juga menyarankan menggunakan penutup sikat yang memungkinkan sirkulasi udara dan mencegah jamur, tapi tidak sepenuhnya tertutup. Karena kekurangan udara dapat menumbuhkan bakteri.

Sebelum memasukkannya, bersihkan terlebih dahulu sikat gigi dengan air mengalir, supaya kotoran setelah sikat gigi hilang.

Menurut asisten profesor klinis University of Florida College of Dentistry, Sharon Cooper seperti dilansir WebMD, juga menyarankan merendam sikat gigi dalam obat kumur antibakteri, untuk kamu memiliki penyakit sistemik atau gangguan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu saja, kamu juga jangan memasukan sikat gigi dalam keadaan basah dan letakan sikat gigi dalam keadaan berdiri di rak atau cangkir dan taruhlah di tempat yang memungkinkan sikat yang basah mengering.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US