The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Manfaat Buah Kopi untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan
Buah kopi (Pexels/Livier Garcia)
Health

4 Manfaat Buah Kopi untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Kamis, 17 September 2020 14:44 WIB 17 September 2020, 14:44 WIB

INDOZONE.ID - Kopi yang kita minum setiap hari berasal dari biji kopi yang dikenal kaya akan aroma dan rasanya. Biji kopi merupakan biji yang biasanya dikeringkan, disangrai dan diseduh untuk dijadikan kopi.

Buah kopi telah muncul sebagai makanan super baru yang dipuji karena khasiatnya yang meningkatkan kesehatan. 

Buah kopi yang dikenal dengan istilah coffee cherry atau coffee berry merupakan salah satu jenis buah batu yang dihasilkan oleh tanaman kopi. Ini dianggap buah batu karena memiliki lubang di tengah yang menampung biji kopi mentah.

Beberapa tahun terakhir sudah banyak penelitian yang menunjukkan efek kesehatan dari buah kopi dan sekarang bahan ini digunakan dalam minuman, suplemen, dan makanan yang dipanggang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat buah kopi:

1. Antioksidan tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang membantu melindungi sel dari stres oksidatif dan kerusakan sel dengan melawan radikal bebas. Hal ini berperan penting mengurangi risiko banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan penyakit lainnya.

2. Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah kopi memiliki efek anti obesitas karena adanya asam klorogenat di dalamnya. Asam klorogenat ini telah terbukti membantu membakar lemak dan meningkatkan penurunan berat badan.

3. Dapat meningkatkan kekebalan

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara ceri kopi dan sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak ceri kopi membantu meningkatkan aktivitas sel kekebalan pada tikus. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) adalah jenis protein yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup sel-sel saraf di otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan 100 mg konsentrat buah kopi meningkatkan kadar BDNF sebesar 143 persen. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US