The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Perbedaan Rapid Test dan Swab Test Corona, Mana Lebih Efektif?
Ilustrasi sampel darah rapid test Covid-19 (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Health

Perbedaan Rapid Test dan Swab Test Corona, Mana Lebih Efektif?

Rabu, 03 Juni 2020 17:39 WIB 03 Juni 2020, 17:39 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi pandemi virus corona adalah dengan mengambil kebijakan untuk melakukan rapid test atau pemeriksaan tes cepat pada daerah-daerah yang ditemukan kasus positif Covid-19.

Di Indonesia sendiri, rapid test mulai dilakukan sejak 20 Maret 2020. Pemeriksaan rapid test corona pun sudah dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain rapid test, istilah swab test juga sering kita dengar di masa pandemi Covid-19. Swab test merupakan salah satu metode pemeriksaan untuk mendeteksi apakah seseorang terpapar virus corona atau tidak.

Lalu, apa bedanya rapid test dan swab test? Untuk lebih tau, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini:

Perbedaan Rapid Test dan Swab Test Corona

Perbedaan rapid test dan swab test corona dapat dilihat dari beberapa hal, meliputi kegunaan tes, metode atau prosedur dan alat tes, hasil tes, lama pengujian, tempat pengujian, dan akurasi hasil tes.

1. Kegunaan Tes

beda rapid test dan swab test corona covid-19
Ilustrasi rapid test (Pexels/ThisIsEngineering)

Dilihat dari kegunaannya, ada perbedaan antara rapid test dan swab test Covid-19 yang perlu diketahui:

Rapid test merupakan tes secara massal yang berfungsi untuk screening awal potensi kasus positif virus corona di masyarakat.

Swab test berfungsi sebagai standar diagnostik virus corona yang dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

2. Metode dan Alat Tes

perbedaan rapid test dan swab test covid-19
Ilustrasi rapid test (Pexels/ThisIsEngineering)

Dalam metode rapid test, biasa dilakukan secara massal dengan menggunakan sampel darah, kemudian dilakukan pengujian sampel dengan Rapid Test Kit.

Sedangkan pada swab test, pengujian dilakukan dengan metode pengambilan sampel swab spesimen dari hidung, mulut, atau tenggorokan. Lalu, dilakukan serangkaian tes lanjutan menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction).

3. Hasil dari Tes

Bedanya rapid test dan swab test bisa dilihat dari hasil pengujian masing-masing tes ini. Hasil rapid test biasanya akan menunjukkan ada tidaknya reaksi antibodi yaitu zat imunoglobulin (IgM) dan IgG yang terbentuk ketika seseorang terpapar virus corona.

Sementara itu, pada swab test akan terlihat jelas ada atau tidaknya DNA dari virus corona pada sampel cairan yang diambil dari tubuh pasien.

4. Lama Pengujian

perbedaan lama pengujian rapid test dan swab test corona
Ilustrasi tes swab virus corona (deccanherald.com)

Selanjutnya, perbedaan antara rapid test dan swab test virus corona juga terdapat pada lama pengujian tes itu sendiri.

Lama pengujian rapid test tergolong singkat. Umumnya, hasil tes dapat diketahui sekitar 10-15 menit setelah pengambilan dan pengujian sampel.

Sedangkan pada swab test, lama pengujian memerlukan beberapa hari karena rumitnya rangkaian tes swab yang harus dilakukan.

5. Lokasi atau Tempat Pengujian Tes

bedanya lokasi pengujian rapid test dan swab test
Ilustrasi swab test Corona (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Rapid test untuk pemeriksaan Covid-19 tersedia di puskesmas seluruh Indonesia. Namun seperti yang sudah dijelaskan, rapid test hanya untuk pasien berstatus ODP, sehingga tidak perlu ke rumah sakit.

Selain di puskesmas, rapid test juga dapat diperoleh di berbagai fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta, atau bisa beli sendiri kit rapid test di aplikasi kesehatan online.

Jika pada rapid test bisa dilakukan di rumah sakit maupun puskesmas manapun dengan metode yang sangat sederhana, maka lokasi pemeriksaan swab test lebih rumit.

Swab test hanya dapat dilakukan di laboratorium berstandar Biosafety Level (BSL) 2. Itu karena tenaga laboratorium BSL 2 dilatih khusus oleh ahli patogenik dan ilmuwan kompeten.

Selain itu, pekerja laboratorium BSL 2 juga wajib memakai kelengkapan khusus -alat pelindung diri (APD) lengkap- seperti baju Hazmat, serta masker dan sarung tangan khusus.

6. Biaya Tes

perbedaan biaya rapid test dan swab test covid-19
Ilustrasi pemeriksaan swab test (REUTERS/Edgar Su)

Biaya rapid test bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per boks. Harga rapid test itu berlaku di semua rumah sakit pemerintah/swasta, maupun jika membeli kit rapid test secara online.

Terkait biaya swab test Covid-19 untuk satu kali pemeriksaan, diketahui tidak ditanggung pemerintah atau dengan biaya sendiri.

Besaran biaya satu kali tes swab corona diketahui bervariasi, sekitar satu jutaan hingga dua jutaan lebih.

7. Akurasi Hasil Tes

perbedaan akurasi hasil rapid test dan swab test virus corona
Ilustrasi rapid test untuk Covid-19 (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Hasil dari rapid test tergolong kurang akurat jika dibandingkan dengan swab test. Sebab, antibodi tidak langsung terbentuk meski kamu telah terinfeksi.

Oleh karena itu, metode ini hanya digunakan untuk screening awal virus saja. Jika hasil positif, maka akan dilanjutkan dengan swab test untuk memastikan keakuratan hasilnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US