The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jarang Disadari, Ini Kebiasaan Makan yang Sebabkan Diabetes
Ilustrasi. (Freepik)
Health

Jarang Disadari, Ini Kebiasaan Makan yang Sebabkan Diabetes

Salah satunya melewatkan sarapan.

Selasa, 25 Januari 2022 21:05 WIB 25 Januari 2022, 21:05 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit diabetes tak mengenal usia. Diabetes memang bisa dialami oleh seseorang karena faktor genetik atau keturunan, tapi perlu dicatat bahwa pemicu terbesar diabetes melitus tipe 2 adalah karena gaya hidup hingga kebiasaan makan.

Diabetes sendiri terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Selain terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis-manis, diabetes juga bisa disebabkan oleh kebiasaan makan. Jarang disadari, berikut kebiasaan makan yang menyebabkan diabetes:

1. Makan terlalu malam

kebiasaan makan yang menyebabkan diabetes
Ilustrasi makan terlalu malam. (Freepik)

Beberapa orang mungkin menghindari makan terlalu malam karena diet. Beberapa orang tidak menyadari bahwa makan terlalu malam bisa menyebabkan diabetes.

Makan terlalu malam dapat menyebabkan kadar glukosa darah meningkat lebih dari biasanya di pagi hari. Kadar glukosa bahkan bvisa melebihi 80-130 mg.

Baca juga: Matthew White Idap Diabetes Sebelum Meninggal, Ini Penyebab dan Bahaya Diabetes pada Anak

Jika situasi memang mengharuskanmu untuk makan, usahakan untuk tidak makan dengan porsi besar dan mengandung banyak gula. Sebagai gantinya, kamu mungkin bisa mengganti dengan buah-buahan.

2. Terlalu sering mengonsumsi camilan berbahan dasar tepung terigu

kebiasaan makan yang menyebabkan diabetes
Pasta. (Freepik)

Camilan berbahan dasar tepung terigu tersebut seperti roti tawar, pasta, biskuit, tempe mendoan, cilok hingga empek-empek. Berdasarkan penelitian, makanan berbahan dasar tepung terigu bisa meningkatkan resistensi insulin.

Kandungan gula di makanan-makanan itu disebut sangat tinggi dan tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi.

3. Melewatkan sarapan

kebiasaan makan yang menyebabkan diabetes
Ilustrasi sarapan. (Freepik)

Melewatkan sarapan juga bisa menjadi penyebab diabetes, berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 di The Journal of Nutrition.

Dikutip dari laman Diabetes Self-Management kebiasaan sarapan bisa menjaga kadar gula normal. Wanita yang melewatkan sarapan memiliki kadar insulin dan gula darah yang lebih tinggi usai makan siang.

Sarapan membantu membuat gula darah lebih stabil, baik itu pada pengidap diabetes ataupun bukan pengidap diabetes.

4. Tidur setelah makan

kebiasaan makan yang menyebabkan diabetes
Ilustrasi. (Freepik)

Tak memberi jeda beberapa jam dan langsung tidur setelah makan bisa memicu penyakit diabetes mellitus. Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan penumpukan lemak.

Nah, penumpukan lemak inilah yang berbahaya. Makin tinggi lemaknya, lama kelamaan akan jadi resistensi insulin kemudian dsarnya menjadi diabetes. Perlu diketahui, pada saat tidur tubuh akan memproduksi gula.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US