The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bisa Fatal, Penderita Gangguan Makan Dilarang Puasa di Bulan Ramadan
(Paxels/Andres Ayrton)
Health

Bisa Fatal, Penderita Gangguan Makan Dilarang Puasa di Bulan Ramadan

Ini yang akan terjadi.

Selasa, 13 April 2021 14:26 WIB 13 April 2021, 14:26 WIB

INDOZONE.ID - Penderita gangguan makan tidak disarankan untuk berpuasa di bulan Ramadan karena dikhawatirkan bisa membuat kondisi kesehatan mereka semakin buruk. Penderita gangguan makan dikhawatirkan akan menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak makan dan minum.

Psikolog klinis, Dr. Thoraiya Kanafani mengungkapkan bahaya di balik puasa yang dilakukan oleh orang yang menderita gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Penderita gangguan makan tidak wajib puasa.
(Pexels/Cottonbro)

"Selama Ramadan, penderita anoreksia menjadikan puasa sebagai sesuatu yang disukai karena tidak makan. Ketika datang ke acara buka puasa, mereka akan makan dengan porsi sangat sedikit, inilah yang menjadi fokus keluarga untuk memastikan mereka makan lebih banyak," ujar Dr. Thoraiya seperti dilansir dari The National UAE.

"Kami meyakinkan mereka jika ada cara lain agar tidak berpuasa, seperti membayar fidyah untuk orang miskin dan itu sudah ada dalam kitab suci mereka agar mereka merasa jauh lebih nyaman," tambahnya.

Menurut Thoraiya, penderita gangguan makan merupakan seseorang yang sedang sakit sehingga tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Di sisi lain, psikolog klinis asal Institut Human Relations dan Klinis, Sabine Skaf, menyebut jika puasa di bulan Ramadan bisa membuat penderita gangguan makan kembali kambuh.

BACA JUGA: Ternyata Ini Negara yang Miliki Durasi Puasa Tersingkat dan Terlama

"Orang sakit tidak wajib puasa. Termasuk mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental sama aturannya dengan kesehatan fisik," jelas Sabine Skaf.

Gangguan makan sendiri dapat dikategorikan sebagai gangguan mental yang terjadi saat mengonsumsi makanan. Penderita gangguan mental bisa mengonsumsi makanan mereka dalam jumlah terlalu sedikit atau terlalu banyak dan sangat terobsesi dengan berat badannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US