The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspadai Asimptomatik saat Agenda 'Nobar' Piala Eropa, Terutama Pada Kaum Muda
Leroy Sane dari Jerman beraksi dengan Daniel Wass dari Denmark (REUTERS/Federico Gambarini)
Health

Waspadai Asimptomatik saat Agenda 'Nobar' Piala Eropa, Terutama Pada Kaum Muda

Berpotensi menularkan.

Kamis, 10 Juni 2021 19:46 WIB 10 Juni 2021, 19:46 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengemukakan agenda nonton bareng (nobar) Piala Eropa 2021 perlu mewaspadai kondisi 'asimptomatik' yang umum ditemukan pada kaum muda.

"Yang menjadi masalah adalah bahwa masyarakat itu abai kalau tidak ada gejala, kemudian masuk ke dalam kategori tanpa gejala (asimptomatik)," kata Dante Saksono seperti dilansir Antara, Kamis (10/6/2021).

Lebih lanjut, Dante mengatakan kondisi asimptomatik umumnya dialami masyarakat pada rentang usia muda yang memiliki imun tubuh yang kuat.

BACA JUGA: Para Ahli Mengatakan Varian Delta 60 Persen Lebih Menular daripada Varian Alpha

Meski berstatus sebagai pasien COVID-19 tanpa gejala, kata Dante, namun sebenarnya seseorang dengan asimptomatik bisa membawa SARS-CoV-2 yang bersarang dalam tubuhnya hingga ke rumah, lalu menulari keluarga bahkan rekan mereka.

"Kemudian virus itu menjadi gejala setelah dia menularkan kepada kelompok anggota keluarganya yang berusia tua atau yang mempunyai komorbid tertentu," katanya.

Meskipun seseorang tidak mempunyai gejala, kata Dante, tetapi mereka berpotensi untuk menularkan kepada orang-orang sekitarnya.

"Mungkin akan jadi lebih berbahaya daripada yang kita alami pada saat kita tidak bergejala," katanya.

Untuk itu Dante mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemunculan klaster baru COVID-19 dari agenda 'nonton bareng' (nobar) Piala Eropa yang bergulir 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

"Saya menghimbau kepada masyarakat adanya Piala Eropa adanya lebaran, liburan itu tetap kita harus menjaga protokol kesehatan," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
JOIN US
JOIN US