Saat Vagina Mulai Mengendur, Ini yang Harus Kamu  Lakukan
Ilustrasi/Unsplash/Charles
Health

Saat Vagina Mulai Mengendur, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Minggu, 05 Januari 2020 12:03 WIB 05 Januari 2020, 12:03 WIB

INDOZONE.ID - Penuaan merupakan hal yang pasti terjadi, penuaan tak hanya terjadi pada kulit wajah, tapi organ intim juga mengalami penuaan, ditandai dengan vagina yang mengendur.

Namun vagina yang mengendur tak hanya dipengaruhi oleh usia, tapi juga bisa dipengaruhi oleh hormon, obesitas, kehamilan, batuk kronis, angkat beban, hingga olahraga berat.

Kendurnya vagina dipicu oleh berkurangnya jumlah kolagen di organ intim. Kolagen berfungsi menopang dan menjaga kulit agar tetap kencang. Saat usia 25 tahun jumlah kolagen akan berkurang sebesar 1 sampai 1,5 persen.

Vagina yang kendur tak disertai gejala fisik, hal ini hanya dapat dirasakan suami saat berhubungan seks. Nah, disini suami sebaiknya memberi tahu kepada istri dan istri harus bisa menerimanya.

Kondisi ini tentu dapat untuk kamu atasi mom, misalnya setelah melewati nifas, ibu sebaiknya berolahraga. Salah satu olahraga yang disarankan ialah senam kegel. Senam ini tak hanya untuk mengencangkan vagina usai bersalin, tapi juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu pemulihan pasca persalinan.

Selain itu juga ada olahraga yang dapat ibu coba untuk mengatasi vagina yang kendur yakni yoga dan senam body language

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU