Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Coba Atasi dengan Berbagai Cara Ini
Ilustrasi kebiasaan buang air kecil di malam hari. (Freepik)
Health

Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Coba Atasi dengan Berbagai Cara Ini

Biar nggak ganggu tidurmu.

Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB 23 Mei 2020, 12:36 WIB

INDOZONE.ID - Ketika kamu sedang tidur nyenyak di malam hari kemudian terbangun karena ingin buang air kecil, tentu hal itu akan sangat mengganggumu. Terlebih jika keinginan tersebut kamu rasakan hampir setiap malam.

Lalu bagaimana cara mengatasi keinginan buang air kecil di malam hari agar tak terus-menerus terjadi?

Pertama, kamu bisa mencegahnya dengan cara mengatur pola minummu. Jika kamu terbiasa meminum beberapa gelas air sesaat sebelum tidur di malam hari, ubahlah kebiasaan tersebut.

Minumlah air tersebut pada satu atau dua jam sebelum kamu memutuskan untuk tidur. Ini dimaksudkan agar kamu bisa buang air kecil sebelum kamu tertidur.

buang air kecil
Ilustrasi kebiasaan buang air kecil di malam hari. (Freepik)

Kemudian, kamu juga bisa membatasi dirimu untuk tak memakan jenis makanan yang banyak mengandung garam. Karena menurut sebuah penelitian, membatasi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh dapat mengurangi risiko buang air kecil di malam hari. Tentu ini dapat membantumu untuk mengatasi keinginan bolak-balik ke toilet.

Dan yang terakhir, usahakan untuk tak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur di malam hari, seperti kopi ataupun teh. Ini disebabkan kafein dapat membuat otot-otot di kandung kemih menjadi lemah.

Ketika otot-otot tersebut melemah, kandung kemih sulit untuk menampung cairan yang berlebih. Nah, inilah yang akhirnya menyebabkanmu berkeinginan untuk buang air kecil saat malam hari.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US