The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Asam Urat Mengulah? Begini Cara Sigap Mengatasinya!
Ilustrasi Asam Urat Kambuh. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Asam Urat Mengulah? Begini Cara Sigap Mengatasinya!

Kamis, 28 Januari 2021 13:09 WIB 28 Januari 2021, 13:09 WIB

INDOZONE.ID - Bagi penderita asam urat, serangan yang melanda menyebabkan perasaan nyeri tak karuan. Bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan bengkak dan kemerahan.

Cara mengobati asam urat pada kaki memerlukan perawatan dengan pengobatan dokter. Namun, kamu juga bisa melakukan perawatan mandiri di rumah sewaktu terjadi serangan.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 Lebih Mudah Menulari Anak-anak

Berikut beberapa cara mengatasi asam urat pada kaki untuk meredakan rasa nyeri:

1. Kompres air dingin

Untuk membuat sendi kaki rileks, kompres bagian kaki yang sakit dengan meletakkan es batu yang dibungkus kain beberapa jam sekali.

Kompres dingin dapat mengurangi nyeri akibat peradangan sendi terkait asam urat. Bila perlu, penderita juga bisa memasukkan kaki yang bengkak ke dalam ember berisi air es.

2. Minum obat pereda rasa sakit

Sebagai pertolongan pertama mengurangi gejala asam urat, penderita bisa minum obat pereda rasa sakit. Jenis obat pereda sakit yang bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri serangan asam urat adalah analgesik.

3. Perbanyak minum air putih

Selain minum obat pereda rasa sakit, minum banyak air putih juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi asam urat pada kaki.

Penderita asam urat disarankan minum lebih dari 3,5 liter atau delapan sampai 10 gelas air per hari.

Dengan banyak minum air putih, asam urat yang mengendap dapat lebih cepat keluar dari tubuh melalui urine.

4. Hindari makanan penyebab asam urat kambuh

Selain mengistirahatkan sendi kaki untuk sementara dan minum obat asam urat, penderita juga perlu melakukan perubahan gaya hidup.

Salah satunya menghindari makanan penyebab asam urat kambuh yang mengandung purin tinggi. Antara lain daging merah, jeroan, emping, kacang-kacangan, ikan asin, makanan berlemak tinggi, dan alkohol.

TAG
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US