The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Dianggap Buruk, Berikut Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Masturbasi
Ilustrasi masturbasi (Unsplash/ Deon Black)
Health

Sering Dianggap Buruk, Berikut Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Masturbasi

Kamis, 26 November 2020 11:14 WIB 26 November 2020, 11:14 WIB

INDOZONE.ID - Secara medis, masturbasi adalah hal yang wajar, meski budaya dan agama masih dianggap hal yang tabu bahkan sesuatu hal yang buruk.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior pada tahun 2011, masturbasi dapat menyebabkan rasa bersalah, malu dan stres yang sangat besar.

Bagi banyak orang, ruam kulit akibat gesekan saat masturbasi merupakan efek samping terbesar. Meski tidak parah, masalah ini bisa diatasi dengan penggunaan pelumas.

Selain itu melakukan masturbasi juga dikaitkan dengan masalah kesehatan yang parah. Karena aktivitas ini bisa membuat seseorang kecanduan, saat sudah kecanduan tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain kecanduan, masturbasi juga dapat mengganggu mental. Berdasarkan studi Indian Journal of Psychological Medicine pada tahun 2015, rasa bersalah, malu, amoralitas, dan perasaan kotor yang parah terkait masturbasi dapat menyebabkan psikopatologi yang parah. Ini seringkali merupakan gangguan kesehatan mental yang parah.

Terlepas dari itu semua, masturbasi memiliki manfaat. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa masturbasi sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental, dan dapat bermanfaat bagi kamu.

  • Masturbasi sangat menyenangkan, dan itulah alasan utama mengapa banyak orang melakukannya.
  • Onani pada dasarnya adalah bentuk eksplorasi diri dan oleh karena itu membantu lebih memahami apa kebutuhan dan keinginan seksual kamu.
  • Meningkatkan seks dengan pasangan karena begitu kamu tahu apa yang kamu sukai, kamu bisa membimbing pasangan untuk kenikmatan bersama.
  • Masturbasi melepaskan stres yang menumpuk, meningkatkan suasana hati, dan membantu rileks lebih baik.
  • Hasil relaksasi masturbasi juga dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik.
  • Masturbasi sendiri dan bersama adalah cara yang baik untuk menghindari kehamilan dan infeksi menular seksual (IMS) sambil memastikan kenikmatan seksual.
  • Pada wanita, masturbasi telah dibuktikan oleh penelitian dapat meredakan kram menstruasi dan kram rahim, bahkan selama kehamilan.
  • Studi menunjukkan bahwa pria yang berejakulasi setidaknya 21 kali sebulan memiliki 33% penurunan risiko terkena kanker prostat. Itu artinya masturbasi meningkatkan kesehatan prostat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US