Bisakah Wanita Berenang di Kolam Hamil Seperti Kata Komisioner KPAI?
Kiri: Ilustrasi wanita berenang / Kanan: Ilustrasi wanita hamil (Unsplash)
Health

Bisakah Wanita Berenang di Kolam Hamil Seperti Kata Komisioner KPAI?

Sabtu, 22 Februari 2020 21:47 WIB 22 Februari 2020, 21:47 WIB

INDOZONE.ID - Komisioner KPAI bidang Kesehatan, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) Sitti Hikmawatty, bikin geger media sosial. Dia mengimbau perempuan hati-hati saat berenang dengan laki-laki di kolam renang yang sama.

Sitti mengatakan bahwa perempuan bisa saja hamil jika berenang dengan laki-laki. Menurutnya, jika ada pria yang ejakulasi di dalam kolam renang dan masuk ke dalam vagina, maka bisa terjadi kehamilan.

Sitti menyebut fenomena ini sebagai "kehamilan tak langsung". Potensi kehamilan semakin besar jika perempuan dalam masa subur, dan sperma yang dilepaskan kebetulan berdaya tahan kuat.

Tapi, bisakah perempuan hamil karena hal ini? Dilansir dari Hellosehat, jawabannya adalah tidak. Hal ini telah dikonfirmasi oleh dr. Damar Upahita.

Ilustrasi wanita berenang dengan pria
Ilustrasi wanita berenang dengan pria (Unsplash/@estoniansaunas)

Penyebabnya adalah karena sperma yang dikeluarkan pria di kolam renang, tidak bisa begitu saja berenang menuju vagina, menembus pakaian renang, dan membuahi sel telur.

Jika kolam renang tersebut diisi dengan air hangat, sperma mungkin bisa bertahan tetap hidup selama beberapa menit saja. Tapi, tetap saja sangat kecil kemungkinannya sperma menemukan jalan masuk ke vagina wanita.

Apalagi, saat wanita berada di kolam renang, bukaan vagina tidak melebar. Jadi, tidak ada jalan untuk sperma bisa membuahi sel telur wanita yang berenang.

Ilustrasi wanita dan pria berenang bersama
Ilustrasi wanita dan pria berenang bersama (Unsplash/@davidboca)

Sebaliknya, jika kolam renang diisi dengan air dingin atau penuh bahan kimia, bisa dipastikan sperma hanya bertahan hidup selama beberapa detik saja. Air kolam bukanlah lingkungan yang cocok untuk sperma.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor