The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ngeden Ternyata Bisa Picu Pendarahan Otak Guys
Toilet (Photo by Skylar Kang from Pexels)
Health

Ngeden Ternyata Bisa Picu Pendarahan Otak Guys

Senin, 27 September 2021 12:36 WIB 27 September 2021, 12:36 WIB

INDOZONE.ID - Mungkin ngeden adalah hal yang biasa terjadi apabila feses begitu keras dan sulit keluar. Namun ngeden juga memiliki efek negatif yakni bisa memicu pendarahan otak. Mengapa bisa begitu? Berikut penjelasannya!

Ternyata ngeden atau dalam bahasa kedokterannya disebut valsava manuver ini bisa menyebabkan risiko seseorang tak sadarkan diri. Hal ini dikarenakan ngeden bisa memicu peningkatan tekanan intra kranial.

Peningkatan inilah yang bisa menyebabkan pecah pembuluh darah yang menyebabkan perdarahan otak. Hal ini biasanya lebih berisiko pada penderita darah tinggi.

Walau begitu, tak semua bisa mengalami hal ini. Biasanya terjadi bagi orang-orang yang memiliki faktor risiko. Apa saja faktor risikonya?

Biasanya hal ini terjadi pada saat kondisi aterosklerotik atau pembuluh darah yang mengeras. Atau bisa juga terjadi pada saat aneurisma atau pembuluh darah yang melebar, serta fistula atau pembuluh darah yang bocor.

Faktor risiko lainnya antara lain, tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol tinggi, diabetes melitus, asam urat tinggi, dan stroke. Oh ya, penyalahgunaan narkoba juga berisiko tinggi terkena pendarahan otak. Kejadian ini juga tak lepas dari faktor usia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US