The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berapa Lama Vaksin Mampu Menahan Varian Omicron?
Varian Omicron (REUTERS/DADO RUVIC)
Health

Berapa Lama Vaksin Mampu Menahan Varian Omicron?

Rabu, 01 Desember 2021 12:08 WIB 01 Desember 2021, 12:08 WIB

INDOZONE.ID - Seperti yang diketahui, varian Omicron membuat vaksin COVID-19 jadi tak efektif karena varian tersebut mampu melewati pertahanan diri dari vaksin. Jika sudah begini, berapa lama vaksin mampu menahan varian Corona?

Seperti yang kita ketahui, varian Omicron mampu melewati perlindungan dari vaksin. Apakah ini akhir dari vaksin? Apakah nanti jika varian Omicron mendominasi di seluruh dunia membuat vaksin jadi tak berfungsi lagi?

Ternyata jawabannya tidak. Vaksin masih sangat perlu untuk perlindungan diri dari setiap varian Corona. Pasalnya vaksin diyakini mampu melindungi tubuh selama 7 bulan lama jika sudah mendapatkan dosis lengkap.

Namun bukan berarti setelah lewat dari 7 bulan kita harus vaksin lagi atau tubuh jadi tak bisa terlindung dari COVID-19 lagi. Jadi, di dalam tubuh ada semacam sel memori yang membuat perlindungan dari vaksin bisa bertahan hingga satu tahun lebih atau kurang dari setahun.

Dari info yang kami diperoleh, vaksin sangat berguna walau nantinya 'jadwal proteksi' dari vaksin tersebut telah habis. Paling tidak, lebih baik daripada yang tidak divaksin.

Namun bukan berarti jika sudah divaksin lebih dari dua kali maka kamu bebas tak menerapkan protokol kesehatan. Ini adalah hal yang salah.

Yang benar ketika sudah divaksin dua kali adalah semakin lebih menegaskan dalam penerapan protokol kesehatan. Bila perlu, ajak semua orang yang dikenal untuk melakukan vaksin COVID-19. So, vaksin tetap perlu ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US