The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

PPKM Se-Indonesia Masih Diperpanjang, Satgas Catat 5,8 Juta Orang Sembuh dari Covid-19
Ilustrasi Corona Virus. (Foto/ANTARA)
Health

PPKM Se-Indonesia Masih Diperpanjang, Satgas Catat 5,8 Juta Orang Sembuh dari Covid-19

Senin, 09 Mei 2022 18:41 WIB 09 Mei 2022, 18:41 WIB

INDOZONE.ID - Saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) se-Indonesia terus diperpanjang Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat hingga Senin pukul 12.00 WIB sebanyak 5.886.211 orang dinyatakan sudah sembuh dari COVID-19.

Menurut data milik Satgas yang dikutip oleh ANTARA di Jakarta pada Senin (9/5/2022), lima daerah yang menjadi penyumbang kasus kesembuhan harian terbanyak adalah Jawa Tengah sebanyak 39 pasien.

Diikuti Daerah Istimewa Yogyakarta 38 pasien, Jawa Barat 36 pasien, DKI Jakarta 35 pasien, dan Papua Barat 23 pasien.

Walaupun demikian, masyarakat diimbau untuk waspada karena kasus kematian akibat COVID-19 masih bertambah.

Pada Senin, tercatat pasien dinyatakan meninggal dunia bertambah 15 orang. Dengan demikian, total sebanyak 156.396 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Kasus terkonfirmasi positif juga mengalami penambahan sebanyak 254 kasus dari hari sebelumnya, sehingga kini total akumulatif kasus ada 6.048.685 kasus.

Dengan rincian, DKI Jakarta menyumbang 102 kasus, Jawa Barat 31 kasus, Banten 30 kasus, Jawa Tengah 17 kasus, dan Bali 16 kasus.

Sedangkan kasus aktif di Indonesia kini tersisa 6.078 kasus, karena turun 114 kasus.

Satgas menambahkan, sebanyak 2.615 orang kini menjadi suspek COVID-19 dan 204.338 spesimen sudah diperiksa di laboratorium di seluruh penjuru negeri.

Untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menggunakan masker tepat di bagian hidung, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Diharapkan setiap pihak juga melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) supaya kekebalan tubuh terbentuk dan terhindar dari gejala berat maupun kematian.

Luhut: PPKM Diperpanjang

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan kalau PPKM di wilayah Jawa dan Bali masih tetap diberlakukan.

Tampaknya belum ada tanda-tanda akan berakhir, karena batas kapan berakhir PPKM masih belum ditentukan.

"Hingga hari ini masih dan akan terus memberlakukan aturan PPKM Jawa Bali hingga waktu yang masih belum ditentukan, mengikuti hasil evaluasi secara regular yang dipimpin langsung oleh Presiden," kata Luhut melalui konferensi persnya secara virtual.

Menurut Luhut pemberlakuan PPKM Jawa Bali masih terus berlangsung karena dikhawatirkan pandemi Covid-19 masih tetap mengancam kesehatan masyarakat.

"Ini dilakukan semata-mata untuk mengurangi dampak buruk dari Covid-19 dan memberikan kekebalan bagi masyarakat," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US