Jenis-jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Tubuh
Beras. (Pixabay/pasrasaa)
Health

Jenis-jenis Beras dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Beras hitam yang paling banyak manfaatnya.

Senin, 16 Desember 2019 09:28 WIB 16 Desember 2019, 09:28 WIB

INDOZONE.ID - Beras merupakan makanan pokok yang mendarah daging di budaya makan banyak negara di Asia. Asupan kaya akan karbohidrat ini paling banyak dikonsumsi orang Indonesia. 

Bagi orang Indonesia, beras yang paling lazim dikonsumsi adalah beras putih. Hampir setiap hari, semua orang mengolah makanan ini.

Namun ternyata, selain beras putih ada juga jenis beras lainnya yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Apa saja? Berikut Indozone rangkum jenis-jenis beras dan manfaatnya.

Beras Putih

Beras putih merupakan makanan paling umum dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Selain mudah untuk diolah, beras putih juga memiliki manfaat sehat untuk tubuh.

beras putih
(Pixabay/ally j)

Namun, gizi pada beras putih tak tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Hal tersebut karena proses penggilingan menghilangkan lapisan yang mengandung serat.

Selain itu, gula yang terkandung di dalam beras putih juga besar, sehingga buat kamu yang mengidap diabetes disarankan mengurangi konsumsi nasi putih ya!

Beras Merah

Beras merah memiliki tekstur lebih keras jika dibandingkan dengan beras putih. Karena itulah, banyak yang tidak menyukai jenis beras ini.

beras merah
(Pixabay/Bom taraissara)

Namun buat kamu yang melakukan diet, beras merah pilihan terbaik. Karena beras merah mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks. Sehingga kamu akan merasa lebih cepat kenyang dan memiliki energi maksimal sepanjang hari.

Selain itu, beras merah dapat mengatur kadar gula darah dan produksi insulin, membuatnya aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Beras Cokelat

Beras cokelat memiliki bentuk dan warna yang hampir sama dengan beras merah. Serat yang terkandung di dalam beras ini akan membuat kamu kenyang lebih lama.

beras cokelat
(Pixabay/Jan Kosmowski)

Selain itu, beras cokelat juga rendah pati dan kalori, dan sangat tinggi akan serat larut. Kandungan minyak sehat dalam beras jenis ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh kamu.

Beras Hitam

Beras hitam sangat sulit ditemukan, karena harganya yang cukup tinggi. Beras hitam memiliki banyak sekali manfaat, yakni kandungan antioksidan yang tinggi mampu mencegah penyakit jantung dan melindungi tubuh dari beragam penyakit.

beras hitam
(Pixabay/Cecep Risnandar)

Selain itu, beras hitam juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting, seperti vitamin E, B1, B2, B3, B6, disertai zinc, magnesium, dan fosfor. Beras ini sangat baik untuk detoksifikasi tubuh.


Itulah jenis-jenis beras dan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada jenis beras lain yang kamu tau enggak guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US