The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

#KAMUHARUSTAU Bahaya Menggunakan Tusuk  Gigi
Tusuk gigi (Pixabay/Hans Braxmeier)
Health

#KAMUHARUSTAU Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi

Senin, 04 Mei 2020 18:14 WIB 04 Mei 2020, 18:14 WIB

INDOZONE.ID - Tusuk gigi menjadi benda andalan saat ada sisa makanan yang mengganjal di sela gigi. Penggunaan tusuk gigi memang efektif, tapi tusuk gigi tidak disarankan karena dapat membahayakan kesehatan mulut.

Ini karena potongan pada tusuk gigi bisa saja patah dan menusuk jaringan gusi. Saat jaringan tertusuk akan berpotensi menjadi jalan masuk bakteri yang menyebabkan infeksi pada gusi.

Tidak hanya itu saja, penggunaan tusuk gigi juga menimbulkan bahaya lain yakni tertelannya tusuk gigi.

Seperti kasus yang terjadi di Inggris bahwa seorang pria hampir meninggal karena tidak sengaja menelan tusuk gigi yang ada ditusukkan pada sandwich.

Tusuk gigi yang tertelan dapat menyebabkan seseorang tercekik, atau bahkan benda tersebut bisa masuk ke dalam saluran pencernaan dan terjebak di sana.

Ketika tusuk gigi terjebak di usus, maka ujungnya yang tajam dapat menusuk lubang melalui arteri atau usus. Sehingga menyebabkan sepsis, pendarahan, infeksi, bahkan hingga kematian.

Menggunakan tusuk gigi memang boleh saja, tapi jika ada cara lain sebaiknya gunakan cara yang lebih aman, misalnya saja dengan menggosok gigi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US