Pori-pori Wajah Membesar? Begini Cara Mengecilkannya
ilustrasi pori-pori wajah yang melebar (parenting.firstcry)
Health

Pori-pori Wajah Membesar? Begini Cara Mengecilkannya

Kamis, 16 Januari 2020 13:25 WIB 16 Januari 2020, 13:25 WIB

INDOZONE.ID - Wajah kusam, berjerawat, belang atau banyak komedo adalah sebagian besar masalah pada kulit wajah, yang dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Namun, ada satu masalah lagi yang mungkin akan mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri, yaitu pori-pori besar. Banyak orang yang merasa kurang percaya diri jika pori-pori di wajahnya besar. Lalu, apa saja yang menyebabkan pori-pori wajah membesar? 

Titik-titik kecil atau pori-pori di kulit wajah sebenarnya adalah bukaan folikel rambut. Kelenjar sebaceous di dalamnya bertanggung jawab untuk memproduksi minyak yang berfungsi untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering.

kulit
ilustrasi wajah kering yang bisa menyebabkan jerawat (pixabay/Kjerstin Michaela Haraldsen)

Melansir dari MedicalDaily, saat pori-pori wajah tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan sebum atau kelenjar minyak, maka jerawat bisa muncul hingga membuat pori-pori wajah meregang atau membesar.

Selain itu, penyebab lain yang membuat pori-pori membesar ialah tidak memakai perlindungan yang cukup terhadap sinar matahari. Padahal, sinar UV memiliki dampak negatif terhadap kolagen kulit yang berfungsi untuk menjaga pori-pori agar tetap kencang.

UV
ilustrasi pemaiakan krim perlindungan wajah agar tak terpapar sinar UV (aol.com)

Tak hanya itu, faktor usia yang terus bertambah juga jadi salah satu faktor penyebab pori-pori wajah membesar. Ini karena semakin bertambahnya usia, maka produksi kolagen akan berkurang dan mempengaruh ukuran pori-pori.

Faktor lainnya yang menyebabkan pori-pori membesar ialah adanya trauma di wajah. Maksudnya ialah, pori-pori akan melebar jika kamu memencet jerawat atau komedo.

Lantas, bagaimanakah caranya agar pori-pori bisa mengecil?

Para ahli menyarankan, untuk membuat pori-pori wajah mengecil  dan sehat, gunakanlah pelembab dan riasan non-comedogenic. Ini adalah produk yang diformulasikan agar tidak menyebabkan pori-pori tersumbat.

wajah
ilustrasi wanita memakai krim pelembab wajah (The Ottawa Skin Clinic)

Sementara itu, ahli kecantikan menyarankan untuk menghindari penggunaan minyak mineral dan produk-produk dengan bahan-bahan berat di wajah, karena dapat dengan mudah mengiritasi pori-pori dan membuatnya lebih besar.

Dan yang paling penting untuk mengecilkan pori-pori wajah ialah, mencuci wajah hingga bersih sebelum tidur. Terlebih bila wajah sudah terkena polesan makeup. Selain itu, bersihkan pula wajah yang berkeringat. Keringat bisa membawa mineral dan kotoran penyumbat pori-pori.

wajah
ilustrasi wanita melakukan eksfoliasi wajah (kalingatv.com)

Langkah terakhir yang bisa dicoba untuk mengecilkan pori-pori wajah ialah, melakukan eksfoliasi. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati penyumbat pori-pori di wajah.

Para ahli menyarankan, teknik eksfoliasi bisa dilakukan setiap hari jika kulit tidak senstif. Sementara untuk kulit sensitif, bisa melakukan eksfoliasi dua atau tiga kali dalam seminggu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU