Yuk Kenali  3 Jenis Selaput Dara
Ilustrasi/Unsplash
Health

Yuk Kenali 3 Jenis Selaput Dara

Sabtu, 30 November 2019 19:17 WIB 30 November 2019, 19:17 WIB

INDOZONE.ID - Keperawanan seseorang sering dikaitkan dengan selaput dara atau hymen yang merupakan salah satu bagian tubuh wanita. Selaput dara berbentuk seperti setengah bulan.

Bentuknya itulah yang mempermudah darah menstruasi mengalir keluar dari vagina. Nah berikut ini beberapa jenis selaput dara, seperti yang dikutip dari Young Womens Health.

1. Selaput dara Septate

Selaput dara ini merupakan jenis selaput dara yang tipis memiliki jaringan ekstra. Ketika wanita ini memiliki selaput dara jenis ini  membuatnya kesulitan untuk mendapatkan tampon atau kesulitan dalam mengeluarkan tampon.

2. Selaput dara imperforata

Selaput dara jenis ini sangat tipis hingga sampai menutupi lubang vagina. Kondisi ini membuat wanita tidak dapat mengeluarkan darah  dengan normal. Sehingga mengakibatkan sakit punggung dan perut, tak hanya itu saja untuk beberapa wanita bisa merasakan sakit saat buang air besar.

3. Selaput dara microperforate

Jenis yang satu ini hampir menutupi lubang vagina, kondisi ini juga darah haid susah keluar, tapi masih bisa keluar. Kondisi ini juga membuat wanita tidak bisa memasukkan tampon ke vagina.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU