6 Jenis Diet Sehat Populer dan Banyak Digemari
Ilustrasi diet (Unsplash/@louishansel)
Health

6 Jenis Diet Sehat Populer dan Banyak Digemari

Rabu, 15 Januari 2020 16:55 WIB 15 Januari 2020, 16:55 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang, baik pria maupun wanita mendambakan tubuh bagus dengan berat badan ideal.

Selain untuk menjaga kesehatan, tubuh ideal juga bisa menunjang penampilan seseorang menjadi lebih menarik.

Tak jarang, untuk mendapatkan tubuh ideal tersebut, banyak orang yang memilih jalan dengan melakukan diet.

Banyaknya orang yang menjalankan diet ini, pun akhirnya membuat lahirnya beragam jenis diet.

Terlepas dari apapun alasan untuk diet, tetap harus mengutamakan dari segi kesehatannya.

Jenis Diet yang Wajib Diketahui

Bicara soal diet, ada beberapa jenis diet sehat yang kamu harus tau dan bisa dicoba mulai dari sekarang loh, guys.

Simak ulasan berikut ini, dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Diet Nasi
 

jenis diet nasi sehat populer banyak digemari
Ilustrasi diet nasi (Unsplash/@pillepriske)

Jenis diet yang pertama adalah diet nasi. Bisa dibilang, ini termasuk diet yang cukup populer bagi banyak orang.

Seperti namanya, diet ini dijalankan seseorang dengan cara tidak mengonsumsi nasi putih.

Karena, nasi putih memiliki kadar kalori dan karbohidrat cukup tinggi dan bisa memicu kegemukan dan penyakit diabetes.

Biasanya, orang yang menjalani diet ini akan mengganti nasi dengan makanan rendah kalori, seperti jagung, kentang atau nasi merah.

2. Diet Ketogenik
 

jenis diet ketogenik sehat dan banyak digemari
Ilustrasi diet ketogenik banyak konsumsi buah (Pexels/Trang Doan)

Umumnya, jenis diet ketogenik lumrah digunakan bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan epilepsi.

Diet ini dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan menambah asupan lemak dalam tubuh.

Jika kamu tertarik mencoba diet ketogenik ini, disarankan agar lebih banyak mengonsumsi buah-buahan seperti alpukat, kelapa, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

3. Diet Makanan Mentah
 

jenis diet makanan mentah
Ilustrasi diet makanan mentah (Pexels/Isabella Mendes)

Sesuai dengan namanya, diet ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan mentah atau tidak dimasak.

Namun, ada juga beberapa orang yang memilih memasaknya sebentar. Dalam arti, membuat makanan dengan kadar kematangan tiga seperempat saja.

4. Diet Paleo
 

jenis diet paleo sayuran
Ilustrasi diet paleo sayuran (Unsplash/@danielcgold)

Banyak orang mengatakan bahwa diet paleo ini cukup membosankan, sulit, dan sedikit sekali orang yang memilih jenis diet ini.

Pasalnya, seseorang harus mengonsumsi makanan alami seperti sayuran, telur yang berusia kurang dari 6 minggu, buah-buahan, daging tanpa lemak, biji-bijian, dan minyak nabati.

Selain itu, mereka harus menghindari makanan seperti kentang, garam, ubi, biji sereal atau oatmeal, susu, dan makanan olahan atau berbumbu.

5. Diet Mayo
 

jenis diet paleo sayur sayuran
Ilustrasi diet paleo sayur-sayuran (Unsplash/@annapelzer)

Jenis diet berikutnya yang kamu harus tau adalah diet mayo. Nah, diet ini dilakukan selama 13 hari penuh.

Caranya, dengan tidak mengonsumsi garam atau makanan apa pun yang mengandung garam selama masa diet tersebut.

Selama proses diet mayo ini, garam dan air dalam tubuh akan hilang dan membuat berat badan akan turun dengan signifikan.

6. Diet Ketofastosis
 

jenis diet daging ketofastosis
Ilustrasi diet ketofastosis daging (Unsplash/@joseignaciopompe)

Terakhir adalah diet ketofastosis. Cara melakukan diet ketofastosis yakni dengan menghindari makanan karbohidrat, tinggi lemak, dan protein.

Buat kamu yang tertarik, jenis diet ini harus dilakukan selama 6 sampai 12 jam sehari loh.

Dalam proses diet ini, kamu akan diminta lebih banyak mengonsumsi makanan hewani seperti ayam, daging sapi, ikan, keju, susu, telur, dan lainnya.

Satu hal penting, jenis diet ketofastosis ini tidak cocok bagi mereka yang lebih suka makan sayuran alias vegetarian.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU