Agar Ramuan Tradisional Go Internasional, Tiongkok Lakukan Langkah Ini
Ilustrasi tanaman herbal (Pexels/PhotoMIX Ltd.)
Health

Agar Ramuan Tradisional Go Internasional, Tiongkok Lakukan Langkah Ini

Tapi ada kendalanya juga.

Senin, 20 Januari 2020 15:30 WIB 20 Januari 2020, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Tiongkok, negara dengan penduduk terbanyak di dunia dikenal memiliki berbagai macam hal unik yang terkenal ke seluruh dunia. Salah satunya adalah ramuan dan obat-obatan tradisional legendaris yang sudah terbukti khasiatnya.

Tahukah kamu, sebenarnya sudah lebih dari 20 tahun Pemerintah Tiongkok berencana menjadikan ramuan tradisional mereka bisa diproduksi secara massal dan sistematis. Seperti obat-obatan di pasaran sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat internasional.

Namun, upaya tersebut dihadang oleh kendala seperti sulitnya melakukan standarisasi kualitas bahan baku. Hal tersebut dikarenakan karakteristik ramuan tradisional Tiongkok yang menggunakan bahan-bahan alami seperti akar tanaman, rumput, daun, atau pun buah-buahan, dimana jika terdapat perbedaan pada umur tanaman yang digunakan dan berbeda pula cara meraciknya, maka kualitas ramuan tradisional yang dihasilkan juga akan berbeda-beda hasilnya. 

Agar Ramuan Tradisional Go Internasional, Tiongkok Lakukan Langkah Ini
Banlangen (Chinaglobalmall.com)

Jadi, tidak semudah itu untuk memastikan konsistensi atas standar kualitas seperti dunia farmasi barat yang semuanya sudah menggunakan formulasi standar menggunakan bahan kimia dan diproses dengan mesin.

Guna mengatasi kendala tersebut, Pemerintah Tiongkok melakukan langkah besar dengan memodernisasi proses pengolahan ramuan tradisional Tiongkok dan melakukan analisa atas eksperimen terhadap sekitar 160 jenis bahan-bahan tanaman obat tradisional Tiongkok. 

Salah satu tanaman yang sedang diuji coba adalah Banlangen, yaitu sejenis akar tanaman yang merupakan tanaman obat yang dinilai ampuh untuk mengobati masalah pernapasan. Tanaman tersebut pernah berjasa menyelamatkan nyawa warga Tiongkok dan Hong Kong saat wabah Sars melanda pada awal tahun 2000-an.

Dengan memperkecil perbedaan dari segi praktis dan konsistensi kualitas antara ramuan herbal Tiongkok dengan obat-obatan kimia dunia barat, Pemerintah Tiongkok mengharapkan agar ramuan tradisional Tiongkok modern dapat menembus pasar lokal dan internasional. 

Sebab, sepanjang tahun 2018 tercatat bahwa pengobatan barat justru yang mendominasi hingga 70% dari pendapatan atas industri obat-obatan 
Tiongkok. Tiongkok Mungkin hal itulah yang menjadi faktor utama Pemerintah Tiongkok gencar melakukan langkah modernisasi atas ramuan tradisional negara mereka.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
Indozone Media
Dita Rana
Indozone Media

Vessy Dwi

Writer
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US