The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kiat Jaga Kebersihan Mulut saat Puasa, Dokter: Makanan Berserat Bantu Cegah Gigi Berlubang
Ilustrasi pemeriksaan gigi (Freepik/prostooleh)
Health

Kiat Jaga Kebersihan Mulut saat Puasa, Dokter: Makanan Berserat Bantu Cegah Gigi Berlubang

Perhatikan kebersihan dan pola konsumsi.

Sabtu, 16 April 2022 18:55 WIB 16 April 2022, 18:55 WIB

INDOZONE.ID - Selama berpuasa, mulut akan menjadi lebih kering. Akibatnya sering muncul masalah kesehatan seperti sariawan, bau mulut hingga gigi berlubang

Untuk mengatasi masalah ini drg. Rosdiana Nurul Annisa, Sp.KG dari RS Pelni menyaranakan seseorang untuk memperhatikan asupan cairan setiap hari.

Ia juga menyebut menyantap makanan berserat saat sahur dan berbuka efektif mengurangi risiko terjadinya karies atau gigi berlubang.

"Perbanyak makanan berserat seperti buah dan sayur karena saat mengunyah makanan tersebut, ada stimulasi pengeluaran air liur," ujarnya, seperti yang dikutip Indozone dari ANTARA, Sabtu (16/4/2022).

Lebih lanjut, drg Rosdiana menjelaskan produksi air liur dibutuhkan untuk membersihkan rongga mulut, sehingga risiko munculnya karies atau gigi berlubang bisa ditekan.

Menurutnya, ketika gigi berlubang muncul maka akan sangat mengganggu kenyamanan, terlebih ketika seseorang sedang berpuasa.

Pasalnya gigi berlubang yang kian parah dapat menyebabkan peradangan, membuat pembuluh darah dalam mulut terbuka dan bisa dimasuki bakteri. 

Setelah bakteri masuk ke sirkulasi darah, mikroorganisme itu dapat masuk ke organ tubuh lain dan mengganggu kesehatan. 

Ilustrasi sakit gigi (Freepik/serhii_bobyk)
Ilustrasi sakit gigi (Freepik/serhii_bobyk)

Untuk itu, berdasarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian Kesehatan, drg Rosdiana menyarankan masyarakat untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur . 

Adapun jumlah yang dibutuhkan dalam sekali makan kisarannya semangkuk sayur sedang –yang setara dengan 150 gram.

Baca juga: Sering Sembelit saat Puasa? Ini Penyebab dan Cara Manjur Mengatasinya

Asupan buah untuk sekali makan bisa berupa dua potong sedang pepaya (150 gram) setara dua buah jeruk sedang (110 gram) atau satu buah pisang ambon ukuran kecil (50 gram).

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan untuk memperhatikan asupan cairan setiap hari. Di mana setiap orang sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter atau delapan gelas per hari.

"Dua gelas saat sahur, empat gelas setelah buka puasa dan dua gelas setelah tarawih," kata dokter gigi lulusan Universitas Indonesia itu.

Selain itu, menjaga kebersihan mulut dan gigi juga penting dilakukan sepanjang Ramadhan dengan cara menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Menyikat gigi bisa dilakukan setidaknya setengah jam setelah sahur, bisa ditambah dengan benang gigi untuk menjangkau makanan yang terselip.


 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US