The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Varian Omicron, WHO Minta Semua Negara Tak Keluarkan Larangan Perjalanan
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (REUTERS/Denis Balibouse)
Health

Soal Varian Omicron, WHO Minta Semua Negara Tak Keluarkan Larangan Perjalanan

Ini alasannya.

Rabu, 01 Desember 2021 09:40 WIB 01 Desember 2021, 09:40 WIB

INDOZONE.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan negara-negara untuk tidak memberlakukan larangan perjalanan menyeluruh akibat adanya varian virus corona Omicron.

Dilansir dari Reuters, Rabu (1/12/2021), WHO menyebut saat ini ilmuwan sedang mencoba mencari tahu seberapa besar perlindungan yang akan ditawarkan vaksin saat ini terhadap varian Covid-19 Omicron.

Beberapa waktu lalu kepala pembuat obat Moderna mengatakan vaksin Covid-19 yang ada akan kurang efektif terhadap varian Omicron. Hal tersebut membuat pasar keuangan turun tajam.

WHO mengatakan bahwa larangan bepergian tidak menghentikan penyebaran varian baru, tetapi akan menempatkan "beban berat" pada kehidupan dan mata pencaharian.

Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia memahami kehawatiran tentang varian Omicron, namun dia mengatakan belum ada bukti tentang ganasnya varian tersebut.

"Saya turut prihatin beberapa negara anggota memperkenalkan langkah-langkah tumpul dan menyeluruh yang tidak berdasarkan bukti atau efektif, dan hanya akan memperburuk ketidakadilan," kata Ghebreyesus dikutip dari Reuters.

BACA JUGA: Masker Katup Disebut Jadi Penyebab Menyebarnya Varian Omicron di Hong Kong

WHO lebih menyarankan pemerintah untuk mengambil langkah-langkah seperti penyaringan atau karantina penumpang internasional. Namun mereka juga menyarankan orang yang tidak sehat atau berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 parah, termasuk mereka yang berusia 60 tahun atau lebih untuk menunda perjalanan.

Berita tentang kemunculan varian Omicron membuat pasar saham global terjun bebas pada Jumat lalu setelah diidentifikasi di Afrika Selatan dan diumumkan pada 25 November.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US