The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berstatus Hitam di PeduliLindungi dan Masih Keluar ke Mal? Siap-siap!
Penggunaan aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Health

Berstatus Hitam di PeduliLindungi dan Masih Keluar ke Mal? Siap-siap!

Jumat, 08 Oktober 2021 11:28 WIB 08 Oktober 2021, 11:28 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Kesehatan telah menemukan ribuan orang yang berstatus hitam di aplikasi PeduliLindungi masih berkeliaran ke mal dan pertokoan. Ingat ada 'sanksi' yang menanti!

Diketahui berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Selasa (5/10/2021), ada 9.855 orang berstatus kategori hitam di PeduliLindungi atau positif COVID-19 diketahui masih berkeliaran di sejumlah mal dan pertokoan.

Hal ini pun diutarakan oleh Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, bahwa akan ada sanksi yang mungkin diberlakukan. Uji coba sanksi ini akan dilakukan dulu di kota besar seperti Bandung, Surabaya, Jakarta, dan Semarang.

Salah satunya adalah dibuatkannya sebuah ruang khusus bagi orang-orang yang berstatus hitam saat melakukan check in di gedung, misalnya di mal.

"Kita memberikan notifikasi kepada petugas puskesmas yang domisili pengunjung tersebut. Kemudian kepada petugas Satgas COVID-19 daerahnya, dan tentunya pengelola gedung bahwa ada masyarakat yang berstatus hitam sedang berupaya check in di gedung tersebut," jelasnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10/2021).

"Sementara itu bagi mal-mal yang memiliki kapasitas itu juga ada ruang staging di mana jika ditemui pengunjung yang berwarna hitam akan masuk staging area untuk dilakukan tindak lanjut," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US