The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Yang Terjadi Jika Kamu Meminum Hand Sanitizer
Hand Sanitizer (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)
Health

Ini Yang Terjadi Jika Kamu Meminum Hand Sanitizer

Kamis, 16 September 2021 11:00 WIB 16 September 2021, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa ada lima anak punk yang tewas akibat minum hand sanitizer. Mereka mengoplos miras dengan hand sanitizer. Berikut ini efek bahaya minum hand sanitizer.

Sebelum mengetahuinya, ternyata memang kandungan alkohol yang ada di hand sanitizer bisa memabukkan. Namun cairan ini sangat tak baik untuk tubuh sehingga sangat berbahaya jika tertelan.

"Hand sanitizer banyak mengandung zat berbahaya jika tertelan, tidak boleh diminum," ucap Jamie K Alan, PhD, asisten profesor farmakologi dan toksikologi di Michigan State University dikutip dari Health.

Disebutkan ada 60 persen alkohol dalam hand sanitizer yang mana juga mengandung metanol di mana kandungan tersebut sangat berbahaya jika tertelan.

Paparan metanol dalam jumlah besar dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, dan penglihatan kabur. 

Kemudian efek samping yang lebih serius dapat menyebabkan kebutaan permanen, kejang, koma, kerusakan permanen pada sistem saraf, dan bahkan kematian.

Kalau pun ternyata kamu melihat ada hand sanitizer yang tak mengandung metanol, tetap saja hand sanitizer berbahaya jika tertelan. Bisa menyebabkan kerusakan hati yang serius.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US