The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Alasan Kenapa Mandi Air Dingin Jauh Lebih Baik
Ilustrasi mandi air dingin (Pexels/Leah Kelley)
Health

4 Alasan Kenapa Mandi Air Dingin Jauh Lebih Baik

Kamis, 12 November 2020 11:07 WIB 12 November 2020, 11:07 WIB

INDOZONE.ID - Saat musim dingin tak ada yang lebih baik dari mandi dengan air panas. Mandi air panas akan membuat rileks, menenangkan, dan menghilangkan semua stres.

Tapi sebuah studi baru mengatakan sebaliknya, mandi dengan air dingin justru memberikan manfaat luar biasa. Dilansir dari Times of India, berikut ini beberapa alasan kenapa mandi air dingin jauh lebih baik.

1. Memberi lebih banyak energi

Mandi air dingin menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, akan merangsang pelepasan norepinefrin dari sistem saraf simpatis.

Norepinefrin adalah neurotransmitter yang meningkatkan energi, mengaktifkan otak. Sehingga membuat kamu waspada dan meningkatkan fokus.

2. Meningkatkan mood

Selain meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan, neurotransmitter yang dilepaskan saat mandi air dingin juga memiliki efek positif pada suasana hati.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses menemukan bukti bahwa mandi dengan air dingin dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan.

3. Pereda sakit

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam North American Journal of Medical Sciences, air dingin  terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

4. Meningkatkan kekebalan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 2016 di jurnal PLoS One, orang yang mandi air dingin memiliki kemungkinan 29 persen lebih kecil untuk jatuh sakit saat bekerja dan sekolah. Itu artinya air dingin membantu meningkatkan kekebalan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US