The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rina Gunawan Meninggal Sesak Napas, Penyakit Ini Jadi Dugaan
Rina Gunawan. (Photo/Instagram/@rinagunawan74)
Health

Rina Gunawan Meninggal Sesak Napas, Penyakit Ini Jadi Dugaan

Rabu, 03 Maret 2021 13:50 WIB 03 Maret 2021, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Kabar tentang meninggalnya presenter Rina Gunawan membuat publik tanah air cukup terkejut. Pasalnya telah lama tidak muncul di layar kaca, Rina diketahui sedang menjalani program penurunan berat badan.

Rina Gunawan dinyatakan meninggal setelah sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit Pertamina, Jakarta, dikarenakan sesak napas yang ia alami. Namun, kabar pasti soal meninggalnya Rina hingga kini masih belum dapat dikonfirmasi.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Sesak Nafas karena Asma dan COVID-19

Menelusuri hal tersebut, terdapat dugaan penyakit yang kemungkinan dialami oleh Rina Gunawan. Dikutip dari KlikDokter, berikut 5 penyebab sesak napas yang perlu dicurigai:

1. Asma

Asma merupakan salah satu penyebab serangan sesak napas. Biasanya asma terjadi jika seseorang memiliki faktor keturunan dan ada riwayat alergi.

Biasanya serangan sesak napas yang terjadi dipicu oleh sesuatu hal seperti paparan asap, debu, perubahan suhu, atau adanya infeksi di saluran pernapasan.

2. Alergi

Sesak yang muncul pada penderita alergi dapat mengarah juga ke kondisi syok yang mengancam jiwa. Kondisi ini biasanya disertai keringat dingin, penurunan kesadaran dan turunnya tekanan darah.
Sehingga, bagi yang memiliki riwayat alergi, sebaiknya berhati-hati apabila muncul keluhan sulit bernapas.

3. Gagal jantung

Dewasa muda banyak yang mengalami gagal jantung, karena kelainan irama jantung yang tidak beraturan (aritmia), atau tekanan darah yang tidak terkontrol.

Pada kondisi gagal jantung, sesak napas terjadi pada saat istirahat maupun beraktivitas dan disertai juga dengan adanya pembengkakan pada kedua kaki.

4. Gangguan hormon tiroid

Ketidakseimbangan hormon tiroid dalam tubuh juga dapat menimbulkan masalah sesak napas. Baik kondisi hipertiroid dan hipotiroid, otot pernapasan menjadi lemah sehingga fungsi paru-paru menurun.

5. Penurunan berat badan yang drastis

Mengingat Rina dulunya memiliki berat badan di atas rata-rata untuk porsi badannya, hal ini bisa saja menjadi penyebab sesak napas yang dialaminya.

Saat kondisi seseorang mengalami perubahan berat badan, lemak pada tubuh otomatis menghilang. Organ tubuh perlu menyesuaikan ruangnya masing-masing, sehingga pengembangan dada yang dahulunya tidak maksimal harus menyesuaikan keadaan tubuh yang sekarang. Hal ini menyebabkan fungsi patu-patu mengalami peningkatan.

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US