The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Agar Tidak Mengorok Saat Tidur
Ilustrasi tidur mengorok (Photo by pranav digwal from Pexels)
Health

Tips Agar Tidak Mengorok Saat Tidur

Senin, 22 Maret 2021 10:59 WIB 22 Maret 2021, 10:59 WIB

INDOZONE.ID - Mendengkur atau mengorok saat tidur sering kali dianggap hal yang wajar dan biasa di Indonesia. Bahkan mengorok dianggap salah satu tanda seseorang tidur sangat pulas atau sedang kelelahan.

Padahal, suara yang keluar dan mengganggu orang lain tersebut merupakan tanda seseorang mengalami masalah kesehatan serius. Salah satunya yakni sleep apnea atau henti napas saat tidur.

Maka dari itu, lakukan tips berikut ini agar terhindar dari bahaya yang mengancam.

1. Jaga berat badan

Rata-rata orang yang mendengkur adalah orang yang kelebihan berat badan. Maka dari itu, cobalah menjaga pola makan dan lakukan diet sehat agar badanmu kembali ideal.

Jika sudah ideal, lama kelamaan kamu tak akan mendapati lagi tidur mendengkur atau mengorok

2. Hindari merokok

Salah satu orang yang tidur mendengkur adalah karena ia perokok. Rokok sendiri menyebabkan saluran napas menjadi meradang, bengkak, dan menyempit.

3. Hindari mengonsumsi alkohol

Perlu kamu ketahui bahwa minum alkohol dapat membuat saluran napas jadi lembek. Hal inilah yang membuat orang yang pada awalnya tak mendengkur, namun karena minum alkohol, ia menjadi mendengkur saat tidur.

4. Tidur miring

Kamu bisa tidur miring ke kanan untuk menghindari suara dengkuran saat tidur. Jika hal ini sudah kamu lakukan dan masih tidur mengorok, maka kamu perlu ditangani lebih lanjut oleh dokter.

5. Pastikan hidung tak tersumbat

Pastikan bahwa hidung tak tersumbat oleh sesuatu benda di dalam hidung. Maka dari itu, para orang tua juga perlu waspada jika tiba-tiba seorang anak kecil tidurnya mendengkur. Bisa saja ada benda yang menyumbat hidungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US