The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peringati Hari AIDS Sedunia, Yuk Cari Tahu Apa Itu AIDS, Penyebab Hingga Pencegahan
Ilustrasi penderita AIDS (Pexels/Anna Shvets)
Health

Peringati Hari AIDS Sedunia, Yuk Cari Tahu Apa Itu AIDS, Penyebab Hingga Pencegahan

Selasa, 01 Desember 2020 12:56 WIB 01 Desember 2020, 12:56 WIB

INDOZONE.ID - Hari ini, Selasa, 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia yang merupakan hari kesehatan global pertama. Hari ini orang-orang di seluruh dunia bersatu untuk memerangi HIV dan menunjukkan dukungan mereka kepada mereka yang menderita HIV.

Dalam rangka peringati Hari AIDS Sedunia, yuk cari tahu apa itu AIDS, penyebab hingga pencegahannya.

Dilansir Indozone dari berbagai sumber AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome. AIDS merupakan tahapan akhir dari penyakit infeksi human immunodeficiency virus (HIV). Tapi tidak semua pengidap HIV akan menjadi HIV AIDS.

Pengobatan HIV AIDS sampai saat ini belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan.

AIDS disebabkan oleh virus. Virus tersebut kemudian menyerang sistem kekebalan tubuh yang seharusnya berfungsi untuk melawan infeksi. Virus HIV merusak sel darah putih yang disebut sel CD4.

HIV ditularkan melalui kontak langsung darah dan cairan tubuh penderita seperti sperma, cairan vagina, dan ASI. Namun dalam banyak kasus penularan sering terjadi melalui jarum suntik.

Hubungan seksual juga bisa menularkan HIV AIDS, hal ini dapat terjadi saat luka kecil yang tidak disadari.

Gejala dari AIDS meliputi infeksi serius, seperti diare berkepanjangan, demam, mual dan muntah, keringat dingin pada malam hari, batuk, infeksi berulang, penurunan berat badan, kelemahan dan kelelahan berlebihan, dan masalah kulit dan mulut seperti infeksi jamur.

Karena sampai saat ini belum ada obat untuk mengobati AIDS, jadi penting untuk melakukan pencegahan terhadap AIDS. Caranya tentu saja dengan mencegah penularan virus HIV.

Pencegahan dapat berupa menghindari kontak langsung dengan cairan dan darah penderita AIDS. Kita juga harus menghindari jarum suntik dan hubungan seksual bebas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US