The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Bercak Hitam pada Ketiak Menjadi Tanda Awal Diabetes Tipe 2?
Ilustrasi bercak hitam pada ketiak (Unsplash/Trevin Rudy)
Health

Benarkah Bercak Hitam pada Ketiak Menjadi Tanda Awal Diabetes Tipe 2?

Kamis, 14 Mei 2020 15:06 WIB 14 Mei 2020, 15:06 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit diabetes merupakan penyakit umum yang banyak terjadi di masyarakat. Diabetes tipe 2 bisa disebabkan oleh tubuh yang tidak memproduksi cukup hormon insulin atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Karena hormon yang tidak tercukupi maka membuat tubuh harus bekerja keras untuk mengubah gula darah menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas.

Seperti yang dilansir dari Express gejala diabetes tipe 2 ditandai dengan penurunan berat badan, kelelahan dan mengeluarkan lebih banyak urine dari biasanya.

Namun diabetes juga ditandai dengan gejala awal yakni mengembangkan kondisi kulit yang dikenal sebagai acanthosis nigricans.

Kondisi tersebut membuat penderitanya memiliki bercak-bercak gelap di kulit di beberapa bagian tubuh. Umumnya bercak akan muncul di lipatan kulit, misalnya saja area ketiak, belakang lutut atau leher. Bercak gelap tersebut juga diikuti dengan rasa gatal.

Seperti yang dilansir dari Diabetes.co.uk, gejala diabetes tipe 2 akan sering berkembang secara bertahap dan mungkin tidak selalu menunjukkan gejala pada tahap sebelumnya.

Acanthosis nigricans sendiri merupakan kondisi kulit yang umum terjadi sebagai salah satu gejala diabetes.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US