Leher Bagian Belakang Menghitam, Pertanda Apa?
Ilustrasi leher belakang hitam. (Freepik/Freepic.Diller)
Health

Leher Bagian Belakang Menghitam, Pertanda Apa?

Beberapa penyakit.

Senin, 24 Februari 2020 15:30 WIB 24 Februari 2020, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Tahukah kamu, kalau leher bagian belakang atau tengkuk kamu berwarna hitam, ada kemungkinan kamu sedang mengidap penyakit. Jadi, tidak melulu hanya orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari lah yang memiliki leher bagian belakang berwarna gelap.

Salah satu penyakit yang mungkin sedang kamu derita hingga menyebabkan tengkukmu menjadi hitam adalah diabetes. Seorang penderita diabetes memiliki kadar gula yang jauh lebih tinggi dari orang sehat pada umumnya.

Kondisi tersebut membuat darah menjadi lebih kental. Pembuluh darah itu mirip seperti terowongan air bawah tanah, jika darah yang mengalir lebih kental, maka sirkulasi darah akan tidak lancar, bahkan dapat menyebabkan penyumbatan.

leher belakang hitam
Ilustrasi leher belakang hitam. (Unsplash/Ali Abiyar)

Sedangkan nutrisi yang dibawa oleh darah itu sangat dibutuhkan oleh ujung-ujung bagian tubuh, seperti pada bagian permukaan kulit. Karena terhambat dan sulitnya darah sampai ke kulit, maka jaringan kulit akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan untuk melakukan regenerasi.

Akibatnya, kulit menjadi mudah kusam, kering, pecah-pecah, dan bahkan memudahkan tumbuhnya jamur. Itu sebabnya mengapa orang yang terkena diabetes biasanya jika mengalami luka di bagian kulit akan lebih susah untuk sembuh. Bahkan kalau sampai terjadi infeksi, tak jarang amputasi menjadi solusinya.

leher belakang hitam
Ilustrasi leher belakang hitam. (Freepik)

Selain penyakit diabetes, kulit tengkuk menjadi lebih gelap dapat disebabkan oleh penyakit addison. Penyakit ini timbul karena adanya gangguan pada kelenjar adrenal yang terletak di dekat ginjal. Kerusakan pada kelenjar adrenal mengakibatkan tidak dapat terpenuhinya produksi hormon dari jumlah yang seharusnya dibutuhkan tubuh.

Jika kelenjar adrenal sedang bermasalah, maka produksi hormon kortisol dan aldosteron akan berkurang. Dampak buruknya bagi kesehatan akan terasa ketika kondisi tubuh penderita sedang kurang sehat.

Misalnya ketika sistem imun sedang bekerja melawan infeksi yang sedang menyerang dalam tubuh, hal tersebut dapat berujung pada kondisi membahayakan lainnya dan ditandai seperti tekanan darah tiba-tiba menurun secara drastis.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
Fauzi

Fauzi

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU