The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Update! BPOM Kembali Rilis 46 Produk Obat Sirup Aman Dikonsumsi, Berikut Daftarnya
Ilustrasi obat sirup yang aman dari cemaran EG dan DEG. (Freepik)
Health

Update! BPOM Kembali Rilis 46 Produk Obat Sirup Aman Dikonsumsi, Berikut Daftarnya

Total 172 obat sirup aman

Jumat, 02 Desember 2022 09:04 WIB 02 Desember 2022, 09:04 WIB

INDOZONE.ID - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, kembali merilis daftar obat sirup yang aman dari cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Obat sirup itu diduga yang menjadi penyebab ratusan anak Indonesia mengalami Gagal Ginjal Akut.

Dalam keterangan tertulisnya, BPOM terus melakukan pengujian sejumlah bahan baku obat yang berlangsung pada 18-29 November 2022 lalu. Dari hasil pengujian tersebut, terdapat 46 produk obat sirup yang memenuhi ketentuan dan aman digunakan sesuai aturan pakai.

"Verifikasi dilakukan berdasarkan pemenuhan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku setiap kedatangan dan setiap wadah, serta metode pengujian yang mengikuti standar/Farmakope terkini,” ucap BPOM dari keterangan tertulis yang dikutip Indozone, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Berikut Daftar Lengkap Ratusan Obat Sirup Terbaru yang Aman Dikonsumsi dari BPOM

Dalam rilis itu, kata BPOM, total jadi ada 172 obat sirup yang aman dikonsumsi orang tua untuk anak-anaknya. Obat-obat aman itu berasal dari produk buatan 22 Industri farmasi (IF).

“Dengan demikian, BPOM menyatakan 172 produk sirup obat dari 22 IF telah memenuhi ketentuan, sehingga direkomendasikan untuk dapat diedarkan,” lanjut BPOM.

Sementara itu, informasi produk obat sirup pada Penjelasan BPOM RI Nomor HM.01.1.2.11.22.179 Tanggal 17 November 2022 lalu, tentang Informasi Kesembilan Perkembangan Hasil Pengawasan dan Penindakan Terkait Sirup Obat yang Mengandung Cemaran Etilen Glikol/Dietilen Glikol, dinyatakan tidak berlaku dan diperbarui dengan penjelasan baru ini.

Baca Juga: BPOM Umumkan Ada 168 Produk Obat Sirup dan 126 Produk Bahan Baku Aman

BPOM menyampaikan, akan terus memperbaharui informasi terkait hasil pengawasan sirup obat terkait ratusan kasus gagal ginjal akut. Informasi tersebut akan diberikan secara bertahap, berdasarkan pada database registrasi produk di BPOM, dan verifikasi hasil pengujian bahan baku serta produk obat sirup.

Adapun daftar total 172 obat sirup yang aman dikonsumsi sesuai aturan, klik di sini !

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
Achmad Rafiq
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US