The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Heboh Telur Diklaim Bisa Sebabkan Serangan Jantung dan Stroke, Benarkah?
Ilustrasi telur. (Freepik)
Health

Heboh Telur Diklaim Bisa Sebabkan Serangan Jantung dan Stroke, Benarkah?

Rabu, 29 Maret 2023 07:00 WIB 29 Maret 2023, 07:00 WIB

INDOZONE.ID - Telur salah satu bahan makanan yang sangat populer. Ini karena rasanya yang lezat dan juga kaya akan kandungan protein.

Tapi belakangan ramai informasi di media sosial yang mengatakan konsumsi telur dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Informasi itu, dibagikan di akun Twitter Forum Ekonomi Dunia (WEF).

"WEF Vows to BAN 'Dengerous' Eggs After Study Finds They Cure COVID Naturally," bunyi artikel yang dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Meski Flu Burung Merebak, Ini Alasan Masyarakat Enggak Perlu Takut Makan Ayam dan Telur

Dilansir Antara, dalam konten tersebut tampak foto pendiri sekaligus Kepala Eksekutif WEF Klaus Schwab yang disertai tangkapan layar narasi akun Twitter WEF tentang larangan konsumsi telur.

hoax telur
Unggahan hoax yang mengatakan konsumsi telur sebabkan serangan jantung. (Antara)

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

"Makan telur meningkatkan risiko serangan jantung stroke," diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Narasi itu juga mengatakan kalau telur lebih berbahaya daripada crack atau heroin, menurut elit global yang mengatakan mereka ingin melarang orang mengonsumsinya untuk kebaikan orang banyak.

Tapi apakah benar WEF mempublikasi pernyataan tentang larangan konsumsi telur meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke?

Dilansir Antara, menurut juru bicara WEF Forum Ekonomi Dunia tidak pernah men-tweet informasi tersebut.

Unggahan tersebut merupakan konten yang muncul di situs News Punch, sebuah situs web yang seringkali membagikan informasi salah dan terbantahkan oleh pemeriksa fakta.

Sementara itu, tidak ada tautan ke unggahan akun Twitter yang diklaim tentang telur. Pencarian teks tweet yang diklaim juga tidak menemukan unggahan yang cocok di akun Twitter WEF.

Baca juga: Cegah Resesi Seks, China Bakal Perbolehkan Wanita Jomblo Bekukan Sel Telur

Berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasi Harvard Health Publishing of Harvard Medical School berjudul 'Ask the Doctor: Are eggs risky for heart health?" menyatakan jenis penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke memang berasal dari kolesterol. Tapi, bukan berarti berasal dari kolesterol makanan seperti kandungan dalam kuning telur.

Sementara itu, penelitian Medical News Today menjelaskan bahwa mengonsumsi satu hingga tiga telur per minggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung sebesar 60 persen. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri
Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US