Ingin Berhubungan Intim, tapi Takut Terinfeksi Corona? Ini Jawabannya
Ilustrasi pasangan akan berhubungan intim (Pixabay)
Health

Ingin Berhubungan Intim, tapi Takut Terinfeksi Corona? Ini Jawabannya

Minggu, 08 Maret 2020 19:27 WIB 08 Maret 2020, 19:27 WIB

INDOZONE.ID - Selama ini, pakar kesehatan menjelaskan jika virus corona baru atau COVID-19 menyebar melalui droplet atau tetesan air liur dari bersin atau batuk orang yang terinfeksi virus tersebut.

Lalu, apakah virus corona juga bisa menyebar melalui ciuman dan hubungan seksual?

"Apa yang kita ketahui sejauh ini COVID-19 bisa menyebar dalam sekresi pernapasan," kata Kristin Englund, dari departemen penyakit menular di Klinik Cleveland, Amerika Serikat, dilansir dari Health.

Dia mengatakan Prancis telah melarang sementara warganya untuk menyapa dengan ciuman di pipi, karena khawatir bisa menularkan virus corona lewat sekresi.

Ilustrasi pasangan bermesraan
Ilustrasi pasangan bermesraan (Unsplash)

Meski begitu, sebenarnya hingga saat ini ahli kesehatan belum tahu detil spesifiknya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) hanya berkata, virus dapat menyebar dari kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi. Kontak dekat secara umum berarti berada dalam jarak sekitar satu meter.

Jadi, kemungkinan besar kalau kamu berciuman atau berhubungan intim, berisiko besar terinfeksi virus corona, jika pasangan positif terinfeksi.

Namun, mengenai apakah virus corona terdapat dalam cairan vagina atau air mani, Englund mengaku belum tau.

"Kami benar-benar tidak dapat membuat pernyataan apa pun tentang keselamatan aktivitas seksual ketika kami tidak memiliki data apa pun tentang itu," kata dia.

Oleh karena itu, di tengah wabah corona seperti ini, yang terbaik adalah menunda atau menghindari ciuman, hubungan seksual, ataupun berdekatan secara fisik dengan pasangan yang menunjukkan tanda-tanda terinfeksi corona.

Ilustrasi pasangan berciuman
Ilustrasi pasangan berciuman (Unsplash)

Jika belum mengetahui status pasangan apakah dia terinfeksi virus corona atau tidak, sebaiknya kamu menunda berhubungan seksual sampai mengetahui status kesehatannya secara pasti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU