The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dokter Ini Beri Pelayanan Operasi Bibir Sumbing Secara Gratis, Ada Kisah di Baliknya
Dr. Subodh Kumar Singh (Istimewa)
Health

Dokter Ini Beri Pelayanan Operasi Bibir Sumbing Secara Gratis, Ada Kisah di Baliknya

Rabu, 22 Desember 2021 09:36 WIB 22 Desember 2021, 09:36 WIB

INDOZONE.ID - Seorang dokter asal India bernama Dr Subodh Kumar Singh memberikan pelayanan operasi bibir sumbing gratis kepada anak-anak. Hal ini dilakukannya karena melihat betapa susahnya ia dahulu.

Dokter tersebut lahir di Varanasi, negara bagian Uttar Pradesh, India yang mana bukan dari kalangan orang kaya melainkan dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Saat ia berusia 13 tahun, ayahnya meninggal dunia yang membuat ia dan ketiga kakaknya harus banting tulang untuk bertahan hidup. Mereka mulai dari berjualan lilin, kacamata, hingga menjual sabun di jalanan.

Sampai pada akhirnya, ketiga kakaknya memilih berhenti bersekolah dan menaruh harapan pada Subodh. Mereka percaya bahwa Subodh bisa meraih cita-citanya dan merubah nasib ekonomi keluarganya.

Hingga pada akhirnya, Subodh berhasil lulus dari Institut Ilmu Kedokteran, kemudian melanjutkan sekolahnya di bidang bedah umum dan mengambil spesialis bedah plastik.

Hingga pada akhirnya, ia pun membuka pelayanan gratis untuk operasi bibir sumbing pada anak-anak. Saat ditanya apa alasannya, ia menjawab karena betapa sulitnya ia dahulu.

"Kesulitan membuat saya kuat dan memahami perjuangan setiap orang beserta emosi yang mereka alami. Menjadi seorang dokter menempatkan diri saya dalam posisi di mana saya harus membantu orang lain. Saya ingin membuat kehidupan orang-orang kurang beruntung, lebih baik," terang Dr. Singh seperti yang INDOZONE kutip dari laman The Better India.

Usahanya dalam memberikan pelayanan gratis ini tak berujung sia-sia. Ia akhirnya mendapatkan perhatian Smile Train, sebuah inisiatif global yang berfokus pada operasi sumbing. Dengan dukungan mereka dan LSM lainnya, Dr. Singh dapat membantu banyak orang hingga mencapai 37 ribu operasi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US