The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dear Perokok, Ini Manfaat Berhenti Merokok dalam Hitungan Minggu yang Gak akan Kamu Sesali
Ilustrasi merokok. (Pexels/JESSICA TICOZZELLI)
Health

Dear Perokok, Ini Manfaat Berhenti Merokok dalam Hitungan Minggu yang Gak akan Kamu Sesali

Fungsi pernapasan akan semakin baik.

Sabtu, 12 Maret 2022 14:16 WIB 12 Maret 2022, 14:16 WIB

INDOZONE.ID - Mengisap rokok secara terus menerus bisa memberikan dampak kesehatan yang cukup serius pada tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian. Merokok sama saja seperti menumpuk racun pada tubuh.

Oleh karena itu, buat kamu yang masih merokok disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Berhenti merokok sama sekali tidak akan membuat perokok rugi, justru dengan berhenti merokok, akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan.

Makin cepat kamu berhenti merokok, maka makin cepat pula manfaat yang akan kamu rasakan. Jika kamu berhenti merokok dalam hitungan 2 sampai 6 minggu, fungsi silia saluran fungsi pernapasan kamu akan semakin membaik. Napas pendek dan batuk-batuk juga akan berkurang.

Sementara itu, berhenti merokok dalam jangka waktu satu tahun, risiko penyakit jantung koroner akan menurun setengahnya. Lalu, bila berhenti merokok dalam waktu 5 tahun, risiko stroke akan menurun pada level yang sama seperti orang yang tidak pernah merokok.

Baca juga: Dianggap Bisa Redakan Stres, Merokok Justru Memperburuk Kesehatan Mental

Kemudian, berhenti merokok dalam waktu 10 tahun bisa mengurangi risiko kanker paru. Semakin lama waktu kamu berhenti merokok, maka semkain banyak pula manfaat yang akan didapatkan.

Tak hanya memberikan manfaat untuk paru-paru. Berhenti merokok juga bisa meningkatkan kesuburan dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Cara setiap orang untuk berhenti merokok berbeda-beda. Namun, niat dan tujuan menjadi pondasi penting agar kamu bisa berhenti merokok. berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin berhenti merokok:

  • Tetapkan tanggal untuk berhenti merokok
  • Minta dukungan keluarga dan teman
  • Lakukan olahraga
  • Siapkan permen di kantong
  • Mengubah pola makan menjadi lebih sehat
  • Hindari berkumpul di tempat yang penuh perokok

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Dina
M Fadli

M Fadli

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US