The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3.064 Anak Positif Virus Corona, IDAI: Ini yang Harus Dilakukan Orangtua
Ilustrasi.(freepik)
Health

3.064 Anak Positif Virus Corona, IDAI: Ini yang Harus Dilakukan Orangtua

Untuk pencegahan.

Jumat, 03 Juli 2020 18:55 WIB 03 Juli 2020, 18:55 WIB

INDOZONE.ID - Jumlah anak yang positif Covid-19 semakin banyak. Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat, hingga 15 Juni 2020, sebanyak 3.064 anak telah terinfeksi virus corona baru atau SARS-CoV-2 dan 28 anak di antaranya meninggal dunia. Tentunya hal ini perlu menjadi perhatian orangtua terlebih saat ini sudah memasuki masa transisi new normal.

Semakin banyak orang yang beraktivitas di luar rumah sementara penularan SARS-CoV-2 di masyarakat masih terjadi. Walaupun banyak anak yang tinggal di rumah, namun risiko tertular masih tetap ada. Terlebih apabila di rumahnya banyak orang yang beraktivitas di luar.

Spesialis anak dan anggota IDAI Jaya, dr Margareta Komalasari, Sp.A mengatakan, untuk menjaga kesehatan anak di masa transisi ini maka harus diberikan perlindungan dari luar dan dalam. Termasuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Dengan kondisi seperti ini di masa transisi new normal sudah harus menerapkan protokol kesehatan.  Di tengah pandemi anak tetap harus tetap bergerak, tumbuhnya diperhatikan, serta diedukasi menjaga kesehatan yang benar dan baik,” ujar dr Margareta dalam konferensi pers online #GerakanTanganABC, Jumat (3/7/2020).

Ilustrasi.(freepik)
Ilustrasi.(freepik)

Lebih lanjut ia mengatakan, meskipun anak banyak tinggal di dalam rumah, orangtua harus mengingatkan agar anak tetap bergerak aktif minimal satu jam per hari. Aktivitas atau gerakan pun bisa disesuaikan dengan usia anak. Selain bergerak, anak juga perlu berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D.

Tak hanya dari luar untuk mencegah virus corona, perlindungan untuk anak juga datang dari dalam tubuh. Salah satunya asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang. Nutrisi yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit.

“Orangtua juga harus memberi perlindungan dari dalam tubuh anak, berikan asupan nutrisi bergizi dan lengkap. Kalau merasa kurang memberikan nutrisi yang seimbang, bisa memberikan multivitamin. Gunanya untuk menjaga pola keseimbangan nutrisi pada anak,” pungkas dr Margareta.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Maria Adeline Tiara Putri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US