The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ragam Buah-buahan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Ilustrasi hipertensi (webmd.com)
Health

Ragam Buah-buahan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Rabu, 21 Oktober 2020 15:25 WIB 21 Oktober 2020, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Di dalam artikel ini, Indozone merangkum beberapa buah-buahan untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif bila dikonsumsi secara rutin.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tak boleh dianggap sepele. Salah satu cara paling efektif mengatasinya yaitu mengonsumsi makanan penurun darah tinggi, misalnya buah-buahan.

Jenis buah-buahan yang direkomendasikan ini sangat baik disantap para penderita hipertensi. Risiko dan komplikasi kondisi medis lain dapat diminimalisir juga, seperti jantung dan stroke.

Buah-buahan untuk Menurunkan Darah Tinggi

Sebagaimana penyakit lainnya, tekanan darah tinggi dapat diobati dengan minum obat serta mengubah gaya hidup sehari-hari dan pola makan.

Dirangkum Indozone, berikut ini beberapa jenis buah-buahan untuk hipertensi juga sehat dikonsumsi untuk kamu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi:

1. Mangga

buah-buahan untuk penderita tekanan darah tinggi
Mangga (Pexels/Riki Risnandar)

Buah-buahan untuk mengatasi hipertensi yaitu mangga. Mangga kaya akan serat dan senyawa beta-karoten, di mana keduanya dianggap efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan makanan kaya beta-karoten ke dalam makanan sehari-hari merupakan cara efektif penanganan hipertensi tanpa efek samping.

2. Apel

buah buahan menurunkan tekanan darah tinggi untuk penderita hipertensi
Apel (Pixabay)

Penderita tekanan darah tinggi bisa memasukkan apel ke dalam makanan. Quercetin, senyawa yang ditemukan dalam apel, efektif dalam menurunkan tekanan darah dengan aman.

Antioksidan yang ada dalam apel juga dapat membantu mencegah komplikasi yang berhubungan dengan tingkat tekanan darah di kemudian hari.

3. Semangka

buah-buahan menurunkan tekanan darah tinggi hipertensi
Semangka (Pixabay)

Semangka mengandung asam amino citrulline yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi.

Asam amino itu bantu merelaksasikan pembuluh darah dan meningkatkan fleksibilitas di arteri, sehingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa semangka secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah pada individu yang kelebihan berat badan, baik saat istirahat maupun ketika sedang stres.

Menurut penulis studi Asisten Profesor Arturo Figueroa, tekanan pada aorta dan jantung menurun setelah mengonsumsi ekstrak semangka.

Hasil dari studi itu menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka berdampak positif pada tekanan darah aorta dan parameter vaskular lainnya.

4. Buah Beri

buah buahan untuk menurunkan darah tinggi hipertensi
Bluberry (Pixabay)

Buah beri seperti blackberry, kaya akan senyawa alami yang dikenal sebagai flavonoid. Penelitian menunjukkan kalau senyawa tersebut dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Selain blcakberry, buah beri yang bisa dikonsumsi penderita hipertensi adalah blueberry, raspberry, dan stroberi.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan  dalam Journal of Gerontology Series A menemukan bahwa makan 200g blueberry setiap hari selama sebulan berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah sistolik pada orang sehat.

Pada studi lain, para peneliti membandingkan efek konsumsi minuman blueberry dengan antosianin yang dimurnikan.

Antosianin merupakan sejenis fitokimia yang bertanggung jawab atas warna biru, merah, merah muda, dan ungu pada beberapa buah dan sayuran seperti beri dan anggur merah.

Peneliti juga membandingkannya dengan minuman lain yang mengandung tingkat serat, mineral atau vitamin yang sama dengan blueberry.

Catatan:

Beberapa makanan untuk menurunkan tekanan darah secara alami yang juga sehat dan aman dikonsumsi, sebagai berikut:

  • Yoghurt
  • Oatmeal
  • Bawang putih
  • Ikan salmon
  • Produk susu rendah lemak
  • Kacang dan lentil
  • Kacang pistasi
  • Bayam, kale, brokoli
  • Seledri
  • Herbal dan rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, serai, jintan hitam, ginseng, kayu manis, kapulaga, kemangi, dan jahe
  • Kenari
  • Pisang
  • Buah jeruk lainnya seperti jeruk dan lemon
  • Biji labu
  • Ubi jalar
  • Akar bit
  • Cokelat hitam
     

Jika kamu memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau ingin mempertahankan tekanan darah yang sehat, tambahkan makanan yang tercantum di atas ke dalam menu diet sehat. Tentu, tetap harus berkonsultasi dengan dokter ahli, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US