The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jika Tak Diatasi dengan Serius GO Bisa Menyebabkan Komplikasi
Ilustrasi vagina (Unsplash/Dainis Graveris)
Health

Jika Tak Diatasi dengan Serius GO Bisa Menyebabkan Komplikasi

Kamis, 06 Agustus 2020 12:56 WIB 06 Agustus 2020, 12:56 WIB

INDOZONE.ID - Jika umumnya pilek terjadi pada hidung, tapi organ intim juga bisa mengalami pilek. Kondisi ini merupakan kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebut Gonore (GO).

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Anthony Handoko dalam virtual media briefing "Gonore (GO): Mungkinkah 'pilek' pada alat kelamin sembuh? Ia menjelaskan bahwa kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae.

Penularannya dari orang ke orang saat melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi atau melakukan kontak dengan cairan tubuh mereka, baik secara vaginal maupun anal.

Ia juga mengatakan penyakit ini ditandai oleh keluarnya nanah dari organ genital dan muncul rasa sakit saat berkemih. Gejala ini biasanya lebih sering dialami pria daripada wanita.

Nanah yang keluar akan menimbulkan bercak salah satunya di celana dalam dan ini bisa menjadi bagian dari diagnosis dokter. Selain itu, diagnosis GO juga bisa berdasarkan pemeriksaan gram dan kultur.

GO sangat berisiko bagi mereka yang berusia 15-49 tahun karena memiliki perilaku seksual aktif yang tidak aman.

Jika tidak diobati dengan serius GO dapat membahayakan. Tidak mendapatkan pengobatan yang tepat menyebabkan komplikasi dari ringan hingga berat.

Infeksi GO yang cukup berat dapat menularkan ke bayi saat proses melahirkan dan infertilitas (kemandulan). Infertilitas juga bisa terjadi jika pria terkena GO.

Jika memiliki gejala GO segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US