The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Anak Alami Gangguan Pencernaan, Coba dengan Susu A2
Ilustrasi anak minum susu. (Pexels/Samer Daboul)
Health

Anak Alami Gangguan Pencernaan, Coba dengan Susu A2

Mudah diserap.

Sabtu, 12 Desember 2020 17:46 WIB 12 Desember 2020, 17:46 WIB

INDOZONE.ID - Susu merupakan salah satu minuman yang sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak di masa pertumbuhan. Namun tak jarang yang mengalami gangguan pencernaan ringan setelah minum susu.

Penelitian menunjukkan bahwa susu dengan kandungan A2 disebut bisa mengurangi gangguan pencernaan pada anak, sehingga nutrisi yang diserap anak lebih maksimal. Dokter Spesialis Anak sekaligus ahli gastro hepatologi, dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) mengatakan susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak.

"Protein adalah salah satu zat yang sangat penting untuk pertumbuhan anak. Biasanya untuk perbaikan pada saat anak istirahat atau sakit, protein juga membantu pertumbuhan," kata dr. Ariani dalam sebuah webinar tentang manfaat protein susu baru-baru ini.

Ia melanjutkan, 20% dari protein adalah whey, sedangkan 80% lainnya adalah kasein. Kemudian kasein terbagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya beta-kasein. Betakasein juga terbagi menjadi varian A1 dan A2.

Beta-kasein A2 inilah yang banyak diteliti dan dicari. Dalam webinar yang digelar Buumi Playscape itu, dr. Ariani juga mengatakan susu ini berasal dari sapi khusus yang hanya menghasilkan A2 dan memiliki banyak manfaat.

"Kenapa dicari? Karena ada banyak penelitian mengatakan bahwa beta-kasein A2 lebih mudah diserap di sistem pencernaan, mengurangi gangguan pencernaan yang ringan, jadi diharapkan lebih nyaman di anak," jelas dr. Ariani.

BACA JUGA: Susu dengan Tambahan Rasa Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah

Susu dengan kandungan A2 disebut dr. Ariani bisa dikonsumsi oleh anak tanpa batasan usia. Karena manfaatnya yang membuat susu lebih mudah diserap, gangguan pencernaan yang dialami oleh anak-anak akibat minum susu pun dapat berkurang.

Susu A2 bisa ditemukan dalam berbagai jenis produk, baik berupa susu UHT, yoghurt, maupun susu bubuk. Cara mengenalinya pun cukup mudah.

"Karena lebih spesifik, biasanya akan ditulis bahwa itu susu A2," kata dr. Ariani.

Sementara untuk penulisan A2, ia mengatakan hal itu tergantung pada kebijakan Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM).


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US