The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Intip Yuk, Ini Senyawa Antioksidan Utama Pada Beras Hitam
Beras hitam. (NDTV)
Health

Intip Yuk, Ini Senyawa Antioksidan Utama Pada Beras Hitam

Cari tau, yuk.

Minggu, 24 Mei 2020 15:46 WIB 24 Mei 2020, 15:46 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki ragam manfaat yang berguna untuk tubuh jika dikonsumsi dengan rutin, beras hitam diyakini dapat membantu proses diet sehat, mencegah penyakit diabetes hingga melindungi sel-sel di dalam tubuh.

Selain itu, di dalam setiap 100 gram beras hitam terdapat kandungan 8,5 gram protein, 4,9 gram serat serta 3,5 mg zat besi. Beras hitam memperoleh warna hitamnya melalui antosianin yang termasuk ke dalam kategori pigmen bergizi. 

Warna keunguan dan hitam yang pekat pada beras hitam merupakan pertanda bahwa terdapat antioksidan tinggi di dalamnya. Menurut beberapa penelitian, kandungan antioksidan yang terdapat pada beras hitam melebihi jumlah antioksidan yang terkandung di dalam buah blueberry.

beras hitam
Beras hitam. (NDTV)

Sementara itu, senyawa antioksidan utama yang terdapat dalam beras hitam antara lain flavonoid yang berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas, antosianin yang memiliki manfaat untuk mengendalikan radikal bebas yang berlebih dalam tubuh, serta senyawa utama lain seperti asam fitat, proanthocyanin, asam fenolik, tokoferol dan tokotrienol yang tentu saja berguna bagi kesehatan tubuh.

Jadi, sudahkah kamu beralih mengonsumsi beras hitam hari ini?


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US