The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ungkap Fakta Seputar Mata Kedutan Dari Sisi Kesehatan
Ilustrasi/allaboutvision.com
Health

Ungkap Fakta Seputar Mata Kedutan Dari Sisi Kesehatan

Kamis, 16 Januari 2020 15:51 WIB 16 Januari 2020, 15:51 WIB

INDOZONE.ID - Mata berkedut adalah hal yang biasa dialami setiap orang. Namun ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa mata kedutan pertanda kamu sedang dibicarakan oleh orang lain.

Ditinjau dari segi kesehatan, bila mata berkedut dalam waktu yang lama itu bisa menandakan kondisi kesehatan. Dilansir dari Boldsky, kedutan mata (miokimia) adalah kejang tidak sadar berulang yang terjadi pada otot kelopak mata atas dan bawah. Kebanyakan orang mungkin mengalami hal ini setiap beberapa detik selama satu atau dua menit.

Biasanya kedutan mata tidak disertai rasa sakit, tidak berbahaya, dan bisa hilang tanpa perlu pengobatan. Tetapi ada kasus langka dimana kedutan mata menjadi sinyal bahya dari gangguan gerakan kronis seperti kedutan wajah atau gerakan yang tidak terkendali.

mata kedutan
Ilustrasi/pinterest.com

Mata kedutan bisa disebabkan oleh kelelahan, mata kering, sensitivitas cahaya, kornea yang tergores, bulu mata tumbuh ke dalam dan penyebab lainnya. Seperti, kondisi mendasar seperti blepharospasm esensial jinak dan spasme hemifasial. Blepharospasm esensial jinak adalah kelainan neurologis langka yang menyebabkan kontraksi otot dan kejang di sekitar mata.

Ada juga kasus lain mata kedutan akibat gangguan otak dan sistem saraf seperti penyakit parkinson, sindrom tourette, multiple sclerosis, Bell's palsy, dystonia serviks dan dystonia.

Kamu bisa melakukan pencegahan terhadap mata kedutan dengan tidur yang cukup, hindari stres, dan kurangi konsumsi kafein. Bila mengalami mata kedutan, kompres mata dengan handuk atau kain yang direndam air hangat.

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US