The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Cara Mengatur Kadar Gula Darah Saat Kamu Menderita Gagal Ginjal
Diabetes (Pixabay/Tumisu)
Health

Begini Cara Mengatur Kadar Gula Darah Saat Kamu Menderita Gagal Ginjal

Kamis, 17 September 2020 09:47 WIB 17 September 2020, 09:47 WIB

INDOZONE.ID - Diabetes adalah penyakit kronis yang dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia. Penderita diabetes penting untuk mengatur kadar gula darah dengan cara konsumsi makanan sehat.

Saat kadar gula darah meningkat berpotensi terjadinya stroke, jantung, gagal ginjal dan kerusakan saraf.

Diabetes merusak pembuluh darah di ginjal, yang membuatnya lemah. Ginjal yang lemah mengalami kesulitan untuk mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

Orang-orang yang mengalami penyakit ginjal kronis harus lebih berhati-hati dengan kadar gula darahnya. Dilansir dari Times of India, berikut ini tips membantu mengatur kadar gula darah saat menderita gagal ginjal:

1. Tukar gula dengan pengganti yang lebih sehat

Gula biasa mengandung tinggi kalori dan tidak mengandung nutrisi, itulah kenapa kamu perlu mengganti gula dengan yang lebih sehat. Kamu juga harus menghindari minuman soda dan makanan yang mengandung gula rafinasi.

2. Hindari makanan olahan dan berkalori tinggi

Makanan olahan dan makanan berkalori tinggi harus kamu hindari, karena tidak baik untuk siapa pun, apalagi bagi penderita gagal ginjal. Jadi gantilah dengan sayuran hijau yang sehat, buah-buahan, produk susu rendah lemak dan protein tanpa lemak.

3. Kurangi asupan kalium dan fosfor

Saat menderita penyakit ginjal kronis, penting untuk mengurangi asupan kalium dan fosfor. Karena jumlah yang tinggi dari nutrisi ini bisa menyebabkan masalah jantung yang serius.

4. Lakukan aktivitas fisik

Pasien diabetes penting untuk berolahraga setiap hari, karena dengan aktif kadar gula darah akan tetap stabil. Usahakan untuk berolahraga sekitar 30 menit dalam sehari. Kamu juga bisa mencoba yoga untuk menenangkan pikiran.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US