The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi: Pasien Covid-19 yang Sudah Pulih Rentan Alami  Gangguan Psikiatris
Ilustrasi pasien virus corona (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Studi: Pasien Covid-19 yang Sudah Pulih Rentan Alami Gangguan Psikiatris

Selasa, 04 Agustus 2020 13:18 WIB 04 Agustus 2020, 13:18 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Rumah Sakit San Raffaele di Milan, Italia menemukan kalau penyintas Covid-19 rentan alami gangguan psikiatris.

Seperti, stres pasca-trauma (PTSD), kecemasan, insomnia, dan depresi akan dihadapi para pasien setelah sembuh dari virus corona.

Dalam penelitian tersebut, peneliti melibatkan 402 penyintas, terdiri dari 265 pria dan 137 wanita. Hasilnya separuh dari seluruh pasien yang dipantau setelah dirawat, mengalami salah satu gangguan tersebut.

"Dapat terlihat dengan jelas bahwa peradangan yang disebabkan oleh penyakit ini juga dapat berdampak pada tingkat psikiatri," ujar Ketua Unit Penelitian Psikiatri dan Psikologi Klinis di San Raffaele Profesor Francesco Benedetti.

Berdasarkan wawancara klinis dan kuesioner, dokter menemukan 28 persen kasus PTSD, 31 persen kasus depresi, 42 persen kasus kecemasan, 40 persen kasus insomnia, dan 20 persen gejala obsesif-kompulsif.

Penelitian mengatakan bahwa konsekuensi psikiatris dari Covid-19 yang dialami bisa disebabkan oleh respon imun terhadap virus corona tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US