The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tes Covid-19 Terbaru, Filipina Gunakan Air Liur Biar Lebih Murah
Ilustrasi Bendera Filipina. (Photo/Ilustrasi/Pexels)
Health

Tes Covid-19 Terbaru, Filipina Gunakan Air Liur Biar Lebih Murah

Senin, 25 Januari 2021 20:00 WIB 25 Januari 2021, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Dilansir dari Anadolu Agency, Palang Merah Filipina mulai melakukan tes air liur untuk mendeteksi virus Covid-19 di Metro Manila pada Senin (25/1/2021) usai mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Palang Merah Filipina, Richard Gordon mengatakan semua laboratorium molekuler Palang Merah di negaranya dapat menggunakan tes air liur paling lambat pada 5 Februari.

"Kami akan bawa ini ke provinsi. Pada 5 Februari, seluruh negara akan menggunakan metode ini. Semua daerah akan menjalani tes air liur," ucap dia.

Sebelumnya, Palang Merah Filipina mempresentasikan alat tes ini di hadapan panel ahli Kementerian Kesehatan hasil uji coba terhadap 1.080 sampel air liur. Hasil sampel tersebut, didapati sekitar 16 orang dinyatakan positif Covid-19.

Tes di Filipina menghasilkan akurasi 98,11 persen dibandingkan dengan uji coba air liur dari University of Illinois, AS yang menghasilkan akurasi 99,99 persen.

Diduga, tes air liur ini dilakukan karena dinilai memiliki harga yang lebih murah daripada tes swab PCR pada umumnya.

Adapun harga sekali tes air liur hanya 2000 peso Filipina atau setara dengan Rp 584 ribu.

Saat ini, Palang Merah Filipina juga menunggu Kementerian Kesehatan menyetujui tes air liur terelenggara di bandara, seperti yang dilakukan Jepang dan Singapura.

Dalam tes air liur, setiap orang akan meludah dalam botol steril berukuran 1 mililiter yang akan ditutup rapat dan didokumentasikan untuk hasilnya.

TAG
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US