Ajaib, Ini Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Setiap Hari
Minyak zaitun (freepik)
Health

Ajaib, Ini Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Setiap Hari

Untuk kesehatan.

Kamis, 26 Maret 2020 20:35 WIB 26 Maret 2020, 20:35 WIB

INDOZONE.ID - Para peneliti dari Phoenix, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari akan menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 21 persen, dan penyakit kardiovaskuler sebesar 15 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh para peneliti dalam presentasi di American Heart Associations (AHA) Lifestyle and Cardiometabolic Health Scientific Sessions.

Selama menganilis data jangka panjang, yakni sejak 1990, para peneliti baru menunjukan hubungan antara mengonsumsi minyak zaitun dengan kesehatan jantung pertama kali kepada masyarakat di Amerika Serikat.

"Sebagian besar, kaitan ini telah ditunjukkan di masa lalu pada populasi Mediterania dan Eropa. Tapi sampai sekarang, belum ada penelitian sebelumnya yang menunjukkan hasil dalam populasi Amerika Serikat," ucap peneliti di departemen nutrisi di Harvard MartaGuasch-Ferre seperti dilansir dari laman Healthline, Kamis (26/3/2020).

Adapun, Dr. Benjamin Hirsh yang merupakan Direktur Kardiologi di Rumah Sakit Jantung Sandra Atlas Bass Northwell Health di Manhasset, New York memahami dengan baik manfaat kesehatan dari minyak zaitun.

minyak zaitun
Minyak zaitun (freepik)

Apa Saja Manfaatnya?

“Minyak zaitun adalah cara sederhana untuk menggantikan asam lemak hewani jenuh, jenuh dan translemak yang tidak sehat dengan sumber asam lemak omega 3 yang mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol,” terang Hirsh.

“Ini juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi pembuluh darah, kesehatan jantung dan kelangsungan hidup,” tambahnya.

Selain itu, Guasch-Ferre mengatakan bahwa para peneliti juga melihat adanya hubungan positif antara minyak nabati lainnya, seperti jagung atau minyak safflower, meskpin penelitian mengenai efek dari minyak nabati terhadap kesehatan masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut.

“Ini artinya bahwa minyak nabati lainnya bisa menjadi alternatif yang sehat dibandingkan dengan lemak hewani, terutama lebih terjangkau dibandingkan dengan minyak zaitun,” ungkapnya.

Reporter: Sarah Hutagaol


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU