The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menilik Praktik Pengobatan Legendaris Mak Erot yang Kini Diteruskan oleh Cucunya
Cucu Mak Erot, Muhammad Akmal menunjukkan ragam ramuan herbal di lokasi praktiknya kawasan Cawang, Jakarta, Kamis (4/8/2022). ANTARA/Yogi Rachman
Health

Menilik Praktik Pengobatan Legendaris Mak Erot yang Kini Diteruskan oleh Cucunya

Pasiennya dari kalangan pejabat hingga selebriti.

Minggu, 07 Agustus 2022 13:58 WIB 07 Agustus 2022, 13:58 WIB

INDOZONE.ID - Hampir semua orang tahu praktik pengobatan legendaris Mak Erot. Praktik pengobatan alat vital itu kabarnya kini telah diteruskan oleh cucunya yang bernama Muhammad Akmal.

Meski Mak Erot sudah tiada, namun praktik pengobatan legendaris ala Mak Erot itu rupanya juga dapat ditemukan di kota megapolitan, seperti Jakarta tepatnya di Cawang, Jakarta Timur.

Bagi yang pertama kali datang, mungkin akan kesulitan mencari rumah Akmal yang juga sekaligus menjadi lokasi praktiknya.

Sebab, untuk dapat menjangkau lokasinya harus menyusuri gang sempit permukiman padat penduduk. Tak hanya itu, Akmal juga tidak memasang spanduk atau penunjuk jalan lokasi praktiknya tersebut.

Meski demikian, tetap banyak pasien yang berdatangan padanya untuk berobat. Akmal mengatakan, sang nenek telah memberi ilmu pengobatan alat vital kepada anak-anak dan cucunya.

"Semua anak-anaknya dikasih tahu ilmunya. Turun dari anak, turun lagi ke cucu sampai sekarang ke saya," cerita Akmal, dikutip dari Antara. Minggu (7/8/2022).

Meski telah diturunkan ke anak-cucunya, namun tidak semua di antara mereka membuka praktik pengobatan alat vital tersebut.. Tak hanya mempelajari pengobatannya, ia juga mengaku tahu cara membuat ramuan herbal dari Mak Erot langsung.

"Kalau pembelajaran itu enggak lama sih paling hanya tujuh hari yang penting hafal doanya dahulu," ungkap Akmal.

Ramuan dibuat tanpa bahan kimia

Seluruh resep hingga bahan baku herbal untuk pengobatan diwariskan langsung oleh Mak Erot kepada keturunan.

Bahkan untuk menjaga kerahasiaan, Akmal menyebutkan hanya mereka yang memiliki hubungan darah dengan Mak Erot saja yang dapat mengetahui jenis tanaman herbal yang digunakan untuk pengobatan.

pengobatan mak erot yang kini diteruskan oleh cucunya
Cucu Mak Erot, Muhammad Akmal menunjukkan ragam ramuan herbal di lokasi praktiknya kawasan Cawang, Jakarta, Kamis (4/8/2022). (ANTARA/Yogi Rachman)

"Semua bahan ini nantinya ada dua proses. Ada yang disuling dan ada yang direbus. Kalau disuling jadinya bentuknya minyak, kalau direbus bentuk akhirnya minuman ramuan," tutur Akmal.

Akmal menjelaskan untuk bahan baku herbal tersebut seluruhnya diperoleh dari kampung halamannya yang berada di wilayah Cisolok, Sukabumi.

Setelah terapi, biasanya pasien juga akan diberikan pantangan makanan, beberapa di antaranya seperti sereh mentah, terong panjang ungu dan terong emas mentah.

Identitas pasien dijaga

Akmal menyebutkan dirinya sangat menjaga privasi dari pasien yang datang berobat kepadanya. Hal itu untuk menjawab kekhawatiran dari kebanyakan pasien yang berobat mengenai kerahasiaan identitas diri.

Sebab, pasien yang datang berobat ke tempatnya datang dari beragam kalangan mulai dari pejabat pemerintahan hingga selebritas.

Tak hanya itu, pasien yang datang juga berasal dari luar negeri seperti Amerika, Malaysia, hingga Uni Emirat Arab.

Akmal pun tak keberatan dengan permintaan menjaga privasi pasien. Dia juga merasa bahwa masalah vitalitas masih menjadi hal tabu dan sensitif bagi masyarakat di Indonesia.

Meski demikian, ada satu hal yang masih menjadi keresahan dalam benak Akmal terkait banyaknya oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan nama Mak Erot untuk membuka praktik serupa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
JOIN US
JOIN US