6 Hal Ini Jadi Penyebabmu Susah Tidur di Malam Hari
photo/Ilustrasi/passionatepeople.invacare.dk
Health

6 Hal Ini Jadi Penyebabmu Susah Tidur di Malam Hari

Sabtu, 23 November 2019 15:50 WIB 23 November 2019, 15:50 WIB

INDOZONE.ID - Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam agar tubuh tetap fit keesokan harinya ketika bangun tidur.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengalami gangguan tidur, termasuk gangguan susah tidur pada malam hari atau istilahnya insomnia.

Jika terus dibiarkan, kondisi itu akan menurunkan kualitas tidur, hingga menyebabkan seseorang terbangun dalam kondisi tubuh lelah dan sering mengantuk di siang hari.

James Findley, pakar tidur dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine mengatakan bahwa penyebab seseorang susah tidur karena terlalu banyak pikiran.

"Ini merupakan penyakit orang modern yang dibebani oleh beragam persoalan, baik di rumah atau di tempat kerja. Terutama jika mereka khawatir atau senang pada sesuatu," kata James.

Berbagai Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Mungkin kamu termasuk orang yang susah tidur, padahal tubuhmu sudah lelah dan mata sangat mengantuk. Kondisi itu memang bisa dialami siapa saja.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi tersebut, yang mungkin kamu sendiri tidak menyadarinya.

1. Banyak Konsumsi Kafein dan Nikotin

kafein penyebab susah tidur
photo/Ilustrasi/Pexels

Kafein dan nikotin menjadi salah satu penyebab susah tidur paling tinggi. Karena itu, sangat tidak disarankan mengonsumsi dua zat tersebut di malam hari, setidaknya 5 jam sebelum tidur. Apalagi, jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Gangguan Kecemasan dan Depresi

gangguan kecemasan dan depresi susah tidur
photo/Ilustrasi/Pexels

Terlalu banyak hal yang dipikirkan bisa meningkatkan kadar kecemasan dan depresi pada diri seseorang. Bahkan, bisa mengarah menjadi gangguan mental.

Memang, kondisi ini tidak bisa dielakkan dan muncul tanpa diduga. Namun ada baiknya, tubuh dan pikiran dibiarkan untuk beristirahat. Salah satu caranya yaitu dengan tidur.

3. Menderita Penyakit Tertentu

penyakit asma penyebab susah tidur malam
photo/Ilustrasi/Everyday Health

Kondisi susah tidur pun dapat disebabkan karena seseorang menderita penyakit tertentu yang cukup serius. Misalnya, asma, alergi, parkinson, vertigo, ginjal, kanker, dan lain-lain.

Tentu saja, rasa sakit itu akan membuat tubuh tidak nyaman. Bahkan, penderita penyakit serius kadang takut untuk tidur karena khawatir sesuatu terjadi pada dirinya.

4. Tidur Siang

tidur siang penyebab kesulitan tidur di malam hari
photo/Ilustrasi/theriseandshine.com

Tidur siang memang bagus untuk mengisi ulang energi. Namun, sebaiknya tidur siang jangan terlalu lama, cukup 30 menit saja.

Kenapa? Ya, karena kalau terlalu lama, itu justru membuatmu susah tidur di malam hari.

5. Bermain Gadget di Tempat Tidur

bermain gadget di tempat tidur
photo/Ilustrasi/The Healthy

Paparan cahaya dari teknologi di sekitar kita bisa jadi penyebab sulit tidur, loh. Misalnya saja seperti televisi, komputer/laptop, dan smartphone.

Oleh karena itu, ketika kamu hendak tidur malam, sebaiknya matikan peralatan elektronik yang berpotensi mengganggu. Terutama, jauhkan posisi smartphone dari tempat tidur.

6. Ruangan Kamar Kurang Gelap

ruangan kamar gelap saat tidur malam
photo/Ilustrasi/Pexels

Beberapa pendapat mengatakan bahwa lampu di kamar sebaiknya tidak dinyalakan ketika ingin tidur.

Pasalnya, cahaya kamar bisa mengurangi produksi melatonin yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang menyebabkan kantuk.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU