Alami 4 Gejala Ini? Berarti Usus Kamu Sedang Bermasalah
womenshealth
Health

Alami 4 Gejala Ini? Berarti Usus Kamu Sedang Bermasalah

Kamis, 05 Desember 2019 16:12 WIB 05 Desember 2019, 16:12 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang menganggap bahwa kehadiran bakteri, jamur dan virus hanya akan mengganggu kesehatan, namun ternyata tiga hal tersebut memiliki peranan penting lho dalam tubuh.

Bakteri, jamur dan virus melakukan banyak peranan penting di saluran pencernaan manusia. Salah satunya ialah menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Meskipun begitu, saat komposisinya tak seimbang, kehadiran bakteri, jamur dan virus justru dapat menimbulkan masalah pencernaan, sepeti usus yang bermasalah.

Dilansir dari Indian Express, ada beberapa gejala yang bisa kita lihat jika usus sedang bermasalah. Harus diwaspadai nih.

1. Cemas dan tak tidur nyenyak

tidur
ilustrasi/pexels

Selain sebagai alat pencernaan, usus juga berperan dalam proses produksi serotonin. Zat serotonin ini akan memengaruhi suasana hati, tidur, nafsu makan, dan bahkan libido. Jika produksi zat serotonin tak seimbang makan akan terjadi microbiome, yang dapat memicu kecemasan, stres, gejala depresi dan insomnia.

2. Kelaparan gula

peurt
ilustrasi/pixabay

Merasa lapar karena belum makan adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang. Namun, merasa lapar karena ingin makan makanan yang manis, maka bisa jadi ada sesuatu yang salah dengan usus.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme yang berlebihan. Mikroorganisme ini melakukan fermentasi dalam sistem pencernaan saat tubuh mengonsumsi antibiotik. Kalau sudah begini, sebaiknya konsumsi makanan sehat, seperti walnut.

3. Terjadi masalah kulit

kulit
ilustrasi/biogena-akademie

Meski terlihat sepele, masalah kulit seperti ruam dan eksim juga dapat menjadi pertanda bahwa usus sedang mengalami suatu masalah yang buruk.

4. Perut tak nyaman

sakit
ilustrasi/emedicinehealth

Pencernaan yang sedang bermasalah, serta kurangnya penyerapan karbohidrat akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan pencernaan, seperti diare, sembelit dan kembung berlebihan. Selain itu, kesehatan usus juga dapat terganggu karena refluks asam dan sindrom iritasi usus.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu, jika ingin konsumsi antibiotik, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ini karena kehadiran antibiotik yang bisa saja malah membunuh bakteri baik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Putri

Putri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU